Sari, Onis Nabilla Nirmala (2017) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa (studi pada siswa kelas XII Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Turen) / Onis Nabilla Nirmala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari O.N.N. 2017. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Studi pada Siswa Kelas XII Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata kunci pendidikan kewirausahaan praktik kerja industri kesiapan kerja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi pendidikan kewirausahaan praktik kerja industri dan kesiapan kerja siswa (2) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa (3) Pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapaan kerja siswa dan (4) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif asosiatif. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu pendidikan kewirausahaan (X1) dan praktik kerja industri (X2) dengan variabel terikatnya adalah kesiapan kerja siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan pemasaran di SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 66 siswa dengan seluruh populasi dijadikan sampel yakni 66 siswa. Sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner metode dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson dan Cronbach s Alpha. Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendidikan kewirausahaan tergolong baik praktik kerja industri sangat baik dan kesiapan kerja siswa tergolong sangat baik (2) Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa Ada pengaruh positif dan signifikan variabel pendidikan kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa dan tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa dan (3) Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan variabel pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa. Berdasarkan uraian di atas peneliti menyarankan (1) Siswa mampu mengikuti praktik kerja industri dengan bersungguh-sungguh agar setelah lulus siswa lebih siap memasuki dunia kerja siswa harus memiliki ambisi untuk maju dan berusaha mengikuti perkembangan kompetensi keahlian yang dimiliki dan mampu beradaptasi dengan lingkungan terutama lingkungan kerja. (2) Peningkatan kualitas prakerin dapat dilakukan antara lain dengan menjalin lebih banyak kerjasama dengan DU/DI yang memiliki fasilitas yang memadai agar program prakerin dapat berjalan dengan lancar dan siswa dapat memantapkan hasil belajar didunia kerja dan memiliki keterampilan dan kemampuan yang sesuai dengan bidangnya. (3) Untuk peneliti lain yang tertarik dengan penelitian ini sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan variabel lain seperti bimbingan karir determinasi latihan kerja locus of control dan dukungan keluarga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |