Analisis pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jombang / Putri Yanu Dwi Andriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jombang / Putri Yanu Dwi Andriyani

Andriyani, Putri Yanu Dwi (2017) Analisis pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jombang / Putri Yanu Dwi Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriyani Putri Yanu Dwi. 2017. Analisis Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Jombang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rachmad Hidayat S Pd. M Pd. Kata Kunci Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Penelitian ini didasarkan pada permasalahan umum yang terjadi pada Sumber Daya Manusia sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) misalnya kurangnya kreativitas dan jiwa kewirausahaan. Permasalahan tersebut dapat menyebabkan rendahnya intensi berwirausaha. Untuk membangun intensi kewirausahaan pada pelaku usaha dapat ditempuh melalui pendidikan dan pelatihan kewirausahaan. Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jombang dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta diklat dalam berwirausaha dan untuk menumbuhkan intensi berwirausaha. Penelitian ini memiliki fokus penelitian pada perencanaan pelaksanaan evaluasi dan peranan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian terdapat di Kabupaten Jombang yaitu pada Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jombang dan beberapa lokasi usaha. Narasumber pada penelitian ini adalah kepala seksi pemberdayaan UMKM kepala seksi promosi dan pengembangan UMKM serta 5 orang peserta diklat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini antara lain reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Peneliti melalukan pengecekan temuan dengan cara melakukan pengamatan kembali menggunakan metode triangulasi serta menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan diklat kewirausahaan diawali dengan penentuan peserta diklat analisis kebutuhan peserta diklat penentuan sasaran dan tujuan diklat serta penetapan isi program (2) pelaksanaan diklat kewirausahaan berperan dalam membentuk motivasi dan intensi kewirausahaan bagi peserta diklat di Kabupaten Jombang (3) evaluasi diklat dilaksanakan dalam jangka waktu 6-7 bulan setelah pelaksanaan diklat dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan usaha yang dimiliki oleh peserta yang telah mengikuti diklat. ABSTRACT Andriyani Putri Yanu Dwi. 2017. Analysis of Entrepreneurship Education and Training for Micro Small and Medium Enterprises (MSME) in Jombang. Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Rachmad Hidayat S Pd. M Pd. Keywords Entrepreneurship education and training Micro Small and Medium Enterprises (MSME) This research based on general problems occurred on Human Resource aspect as Micro Small and Medium Enterprises (MSME) actors such as less creativity and entrepreneurship spirits. Those problems may result in low entrepreneurship intention. To grow entrepreneurship intention towards business actors can be conducted through entrepreneurship education and training. Entrepreneurship education and training for MSME actors held by Ministry of Cooperative and MSME Jombang with the goal to develop participant s skills in entrepreneurship field as well as to grow entrepreneurship intention. This research had research focus of planning implementation evaluation and contribution of the entrepreneurship education and training for MSME actors in Jombang. This research used qualitative descriptive research method. The research location was in Jombang at the office of Ministry of Cooperative and MSME Jombang and many business locations. Informants in this research were section leader of MSME empowerment section leader of MSME promotion and development and 5 education and training participants. Data collection in this research was conducted by using interview and documentation technique. Data analysis in this research as follows data reduction data display and conclusion drawing from the research result. The researcher performed finding checking (validity) by using re-observation triangulation method and reference materials. The research result showed that (1) planning of entrepreneurship education and training started with the determination of education and training participant analysis of education and training participant s needs target and goal determination of education and training and the establishment of program content (2) implementation of entrepreneurship education and training played role in developing entrepreneurship motivation and intention for education and training participants in Jombang (3) evaluation of entrepreneurship education and training conducted in the range of 6-7 months after implementation of entrepreneurship education and training with the purpose to know business or enterprise development owned by participants that followed entrepreneurship education and training.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28089

Actions (login required)

View Item View Item