Pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share kombinasi simultaneous round table dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan (studi kasus siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu tahun ajaran 2016/2017) / Shendy Purnama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share kombinasi simultaneous round table dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan (studi kasus siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu tahun ajaran 2016/2017) / Shendy Purnama Sari

Sari, Shendy Purnama (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share kombinasi simultaneous round table dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan (studi kasus siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu tahun ajaran 2016/2017) / Shendy Purnama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnama Sari Shendy. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Kombinasi Simultaneous Round Table dan Motivasi Intrinsik Siswa Terhadap Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan (Studi kasus siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Ery Tri Djamika RWW M.A. M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif Motivasi Intrinsik Siswa Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada pengaruh antara model pembelajaran kooperatif think pair share kombinasi simultaneous round table (X1) terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan (Y) (2) mengetahui apakah ada pengaruh antara motivasi intrinsik siswa (X2) terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan (Y) (3) mengetahui apakah ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif think pair share kombinasi simultaneous round table (X1) dan motivasi intrinsik siswa (X2) terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan (Y). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental desain faktorial 2x2. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Pemasaran SMK Islam Batu yang berjumlah 100 orang siswa pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sample penelitian sebanyak 70 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share kombinasi simultaneous round table memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu sebesar 81 16 dan 74 63 (2) hasil belajar siswa dengan motivasi intrinsik tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi intrinsik rendah yaitu sebesar 84 38 dan 71 41 (3) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share kombinasi simultaneous round table dengan motivasi intrinsik tinggi memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan motivasi intrinsik tinggi yaitu sebesar 85 83 dan 82 94 sedangkan untuk hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share kombinasi simultaneous round table dengan motivasi intrinsik rendah memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan motivasi intrinsik rendah yaitu sebesar 76 50 dan 66 33. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif think pair share kombinasi simultaneous round table dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan. ABSTRACT Purnama Sari Shendy. 2017. The Effect of Think Pair Share Model Combination of Simultaneous Round Table Combination Learning And Students Intrinsic Motivation on Learning Outcome of Craft And Entrepreneurship (Case Study of 10th Grade Marketing Students of SMK Islam Batu 2016/2017 Years). Thesis Management Department Economic Faculty Universitas Negeri Malang. Advisor Prof. Dr. Ery Tri Djamika RWW MA. M.Si Keyword Cooperative Learning Model Students Intrinsic Motivation Result Study of Craft and Entrepreneurship This study aims to (1) know if there is an influence between cooperative learning model of think pair share with the combination simultaneous round table (X1) to the learning outcome of craft and entrepreneurship (Y) (2) know if there is an influence between students intrinsic motivation (X2) on outcome study of crafts and entrepreneurship (Y) (3) know if there is an influence between cooperative learning model of think pair share simultaneous round table combination (X1) and student intrinsic motivation (X2) on outcome study of craft and entrepreneurship (Y). This research was conducted on the 10th grade marketing students of SMK Islam Batu in the academic year of 2016 / 2017. This research used a quasi-experimental method with 2x2 factorial design. The subjects of this study were the 10 grade marketing students of SMK Islam Batu School which amounted to 100 students. The sampling used cluster random sampling technique and it was resulted in 70 students. The results showed that (1) the learning outcome of the students who followed the learning by using think pair share-simultaneous round table combinationof cooperative learning model has higher learning outcome compared tothose who followed the conventional learning which were about 81 16 and 74 63 (2) student learning outcome with high intrinsic motivation has higher learning outcome than those who have low intrinsic motivation which were about 84 38 and 71 41 (3) student learning outcome who followed the learning by using cooperative learning model think pair share-simultaneous round table combination with high intrinsic motivation has higher learning result compared to those who followed conventional learning with high intrinsic motivation which were about 85.83 and 82.94 while for student learning outcome who followed the learning by using cooperative learning model think pair share-simultaneous round table combination with low intrinsic motivation has higher learning outcome compared to those who followed conventional learning with low intrinsic motivation which were about 76 50 and 66 33. The outcome of this study indicated that there was no interaction between the cooperative learning model of think pair share-simultaneous round table combination and students intrinsic motivation on the learning outcome of the craft and entrepreneurship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28087

Actions (login required)

View Item View Item