Pengaruh kesiapan, kebiasaan, minat, dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Umi Latifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kesiapan, kebiasaan, minat, dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Umi Latifah

Latifah, Umi (2017) Pengaruh kesiapan, kebiasaan, minat, dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Umi Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latifah U. Pengaruh Kesiapan Kebiasaan Minat dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci kesiapan belajar kebiasaan belajar minat belajar fasilitas belajar di sekolah hasil belajar Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa. Kualitas pendidikan yang baik akan menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang baik. Adanya kualitas pendidikan yang baik ditandai dengan proses pembelajaran yang dapat diserap dengan baik oleh peserta didik. Hasil belajar memegang peran penting dalam proses pembelajaran. Pencapaian hasil belajar peserta didik yang optimal ditandai dengan diperolehnya hasil belajar yang maksimal. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain kesiapan belajar kebiasaan belajar minat belajar dan fasilitas belajar di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yaitu kesiapan belajar (X 1 ) kebiasaan belajar (X 2 ) minat belajar (X 3 ) dan fasilitas belajar di sekolah (X 4 ) dengan variabel terikat adalah hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang dengan jumlah seluruhnya 174 peserta didik dan sampel 120 peserta didik. Teknik sampling menggunakan teknik proportional random sampling. Skala dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dengan 5 opsi jawaban yaitu Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden langsung dan data sekunder yang diperoleh dari nilai rapor peserta didik kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji kelayakan instrumen yang dilaksanakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan persentase distribusi frekuensi dan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) kesiapan belajar peserta didik dalam deskripsi baik (2) kebiasaan belajar peserta didik dalam deskripsi baik (3) minat belajar peserta didik dalam deskripsi baik (4) fasilitas belajar peserta didik dalam deskripsi baik dan (5) hasil belajar peserta didik menunjukkan klasifikasi nilai yang tinggi dan cukup tinggi. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat pada titik-titik yang menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar P-Plot of Regression Standardized Residual (2) model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik Scatterplot yang menunjukkan titik-titik menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y serta tidak membentuk suatu pola tertentu (3) model regresi tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai VIF 10 dan Tolerance 0 10. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar (2) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (3) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 081 berarti 8 1% hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dipengaruhi oleh variabel kesiapan kebiasaan minat dan fasilitas belajar di sekolah sisanya sebesar 91 90% diduga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti cacat tubuh intelegensi bakat motif kematangan kelelahan cara orang tua mendidik relasi antar anggota keluarga suasana rumah fasilitas belajar di rumah keadaan ekonomi keluarga pengertian orang tua latar belakang kebudayaan kegiatan peserta didik dalam masyarakat teman bergaul metode mengajar guru kurikulum relasi guru dengan peserta didik relasi antar peserta didik disiplin sekolah mass media dan bentuk kehidupan masyarakat. Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa fasilitas belajar merupakan variabel dominan yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi sekolah dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan lagi fasilitas dan kondisi belajar yang kondusif di sekolah secara optimal. Sehingga peserta dapat lebih bersemangat saat melakukan kegiatan pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil peserta didik (2) Bagi guru sebaiknya memiliki kedekatan hubungan dengan peserta didik baik di dalam maupun di luar sekolah. Hal tersebut dikarenakan kedekatan Guru dengan peserta didik dapat menumbuhkan minat belajar yang positif terhadap peserta didik (3) Bagi peserta didik sebaiknya memiliki motivasi untuk terus belajar dan meningkatkan prestasi belajarnya. Kebiasaan belajar yang baik harus terus dipertahankan oleh peserta didik seperti gemar membaca buku mengerjakan soal-soal latihan belajar dengan teratur memperhatikan Guru saat pelajaran belajar secara rutin (tidak hanya ketika akan menghadapi ujian) dan lain sebagainya. Peserta didik juga harus memiliki semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu (4) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik selain dari kesiapan belajar kebiasaan belajar minat belajar dan fasilitas belajar di sekolah. Misalnya seperti cacat tubuh intelegensi bakat motif kematangan kelelahan cara orang tua mendidik relasi antar anggota keluarga suasana rumah fasilitas belajar di rumah keadaan ekonomi keluarga pengertian orang tua latar belakang kebudayaan kegiatan peserta didik dalam masyarakat teman bergaul metode mengajar guru kurikulum relasi guru dengan peserta didik relasi antar peserta didik disiplin sekolah mass media dan bentuk kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28086

Actions (login required)

View Item View Item