Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Pasuruan / Darojah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Pasuruan / Darojah

Darojah (2017) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Pasuruan / Darojah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darojah. 2017. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar siswa SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd. M.M Kata Kunci gaya belajar prestasi belajar siswa Suatu proses pembelajaran menempatkan siswa menjadi subjek dan objek pembelajaran. Tujuan utama proses pembelajaran adalah tercapainya prestasi belajar yang baik. Suatu pembelajaran akan dikatakan berhasil ketika prestasi belajar yang dicapai oleh peserta pembalajaran melampaui batas minimum yang sudah ditetapkan setiap sekolah. Pencapaian prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor gaya belajar itu sendiri. Namun menurut beberapa ahli gaya belajar bukan faktor utama yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar. Gaya belajar merupakan cara dominan yang dilakukan oleh siswa dalam proses belajar yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi gaya belajar dan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Pasuruan (2) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan dengan teknik penentuan sampel probability sampling menggunakan rumus Slovin. Dalam penelitian ini 60 siswa menjadi responden penelitian. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dokumentasi dan wawancara. Uji validitas pertama dilakukan di SMK Negeri 1 Ngawi dengan 30 pernyataan dan terdapat 12 pernyataan yang tidak valid. Kemudian dilakukan uji validitas kedua dengan hasil sebanyak 26 pernyataan valid dan dilakukan penelitian. Uji reliabilitas menunjukan angket memenuhi syarat dengan nilai croncbach s alpha sebesar 0 889 yang lebih besar dari 0 70. Untuk mengetahui kelayakan model dilakukan tiga uji asumsi klasik yaitu (1) uji normalitas dengan melihat grafik Normal P-P Plot of Regression Standardize Residual dan uji kolmogorof-Smirnov (2) uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik Scatterplot (3) uji linearitas dengan melihat nilai signifikan pada Deviation from Linearity. Hasil analisis deskriptif menujukkan (1) prestasi belajar siswa dapat diklasifikasikan sudah baik (2) gaya belajar siswa diklasifikasikan sudah baik. Persebaran kecenderungan gaya belajar siswa yaitu 80% siswa memiliki kecenderungan gaya belajar visual 8 3% pada gaya belajar auditorial dan 11 7% memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas dengan melihat persebaran titik-titik pada grafik Normal P-P Plot Of Regression Standardize Residual mengikuti garis diagonal dan hasil uji kolmogorov-smirnov yang menujukkan nilai signifikan prestasi belajar sebesar 0 746 serta gaya belajar sebesar 0 829 yang artinya lebih besar dari 945 (2) Tidak terjadi heteroskedastisitas pada model regresi dengan melihat grafik scatterplot tidak membentuk pola tertentu dan menyebar secara acak di bawah garis angka 0 pada sumbu Y (3) Regresi linier layak digunakan dengan melihat nilai signifikan pada Deviation From Linearity 0 170 0 05. Berdasarkan uji hipotesis menujukkan tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Pasuruan hal tersebut ditunjukan dengan nilai thitung ttabel (0 298 2 0017). Keterbatasan penelitian dalam penelitian yaitu data gaya belajar merupakan data nominal sehingga tidak dapat diregresikan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi siswa SMK Negeri 1 Pasuruan memaksimalkan kecenderungan gaya belajar yang dimiliki. Saran bagi guru SMK Negeri 1 Pasuruan mengetahui kecenderungan gaya belajar yang dimiliki siswa dan terus memberi dorongan dan dukungan dalam memaksimalkan cara belajar untuk memaksimalkan pencapaian prestasi. Menggunakan metode mengajar yang disertai media pembelajaran misalnya media powerpoint yang terdapat ilustrasi tentang materi dan disertai pemaparan yang jelas. Saran bagi penelitian selanjutnya menyertakan variabel yang berkaitan dengan gaya belajar yaitu metode mengajar guru dan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar siswa. Tidak menggunakan analisis regresi untuk meneliti pengaruh gaya belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28085

Actions (login required)

View Item View Item