Yulistianawati, Dwi Retno (2017) Pengembangan modul mata pelajaran pemasaran online berbasis pendidikan karakter (studi pada siswa kelas X pemasaran semester 2 di SMK Negeri 1 Ngawi) / Dwi Retno Yulistianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yulistianawati D.R. 2017. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Pemasaran Online Berbasis Pendidikan Karakter (Studi Pada Siswa Kelas X Semester 2 Di SMK Negeri 1 Ngawi). Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si Kata Kunci Modul Pemasaran Online Pendidikan Karakter. Modul pemasaran online berbasis pendidikan karakter adalah modul yang dibuat untuk membantu guru membangun karakter baik siswa disamping membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Modul ini memuat lima nilai-nilai pendidikan karakter yaitu Jujur Kreatif Disiplin Kerja Keras dan Bertanggungjawab. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah merancang menguji kelayakan dan menghasilkan modul berbasis pendidikan karakter pada mata pelajaran Pemasaran Online kurikulum 2013 melalui proses validasi kelayakan. Model pengembangan produk modul pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Dick and Carey (2009). Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa Modul Pemasaran Online untuk Kelas X Pemasaran Semester 2 yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter. Modul telah diuji coba di SMK Negeri 1 Ngawi. Modul divalidasi oleh 2 orang ahli materi 1 orang ahli media 5 orang uji coba perorangan 10 orang uji coba kelompok kecil dan 34 orang uji lapangan. Pengukuran penilaian validasi ahli dan siswa menggunakan skala likert. berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 90% (sangat valid) validasi ahli media sebesar 92 9% (sangat valid) uji coba perorangan sebesar 85 9% (sangat valid) uji kelompok kecil sebesar 74 9% (valid) dan uji coba lapangan sebesar 80 27% (valid). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pemasaran online berbasis pendidikan karakter dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar di SMK Negeri 1 Ngawi. Saran pemanfaatan bagi guru adalah menggunakan modul pemasaran online berbasis pendidikan karakter ini sesuai dengan petunjuk penggunaan memotivasi siswa dan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa mendapatkan ilustrasi dan contoh yang baik dari guru. Bagi peneliti lain sangat diharapkan untuk mengembangkan modul berbasis pendidikan karakter ini dengan nilai pendidikan karakter yang lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |