Penerapan model pembelajaran co-op co-op untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada siswa kelas X pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Ratna Setyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran co-op co-op untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada siswa kelas X pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Ratna Setyani

Setyani, Ratna (2017) Penerapan model pembelajaran co-op co-op untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada siswa kelas X pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Ratna Setyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyani Ratna. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Co-op Co-op Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan (Studi Pada Siswa Kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Pragram Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T S.Pd S.E M.M. Kata Kunci Model Pembelajaran Co-op Co-op Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Proses pembelajaran yang efektif diciptakan agar prestasi dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa bisa optimal. Namun permasalahan yang terjadi pada saat proses pembelajaran di SMK PGRI 2 Malang minat dan motivasi yang dimiliki siswa ketika mengerjakan tugas kelompok hanya ada satu dua siswa yang aktif dalam proses pembelajaran sering terjadi keterlambatan siswa saat mengumpulkan tugas yang sudah diberikan dan hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Untuk mengatasai masalah tersebut guru bisa menggunakan strategi model pembelajaran yang menarik salah satunya yaitu dengan model pembelajaran Co-op Co-op. Model pembelajaran Co-op Co-op memberikan kesempatan untuk masing-masing siswa bertanggung jawab mengerjakan tugas secara individu sesuai dengan pemahamannya dalam satu kelompok dan selanjutnya memberikan kesempatan bagi siswa untuk saling berbagi pemahaman baru itu dengan teman kelompoknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeksripsikan penerapan model pembelajaran Co-op Co-op serta hasil belajar siswa yang ditinjau dari ranah kognitif setelah penerapan model pembelajaran Co-op Co-op pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jenis penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang sebanyak 40 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 x pertemuan dan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan 3 tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keberhasilan kegiatan guru dalam penerapan model pembelajaran Co-op Co-op pada siklus I yaitu 89 29% dan mengalami peningkatan sebesar 10 71% menjadi 100% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata siklus I 71 4 meningkat menjadi 73 15 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar sebanyak 66 89% pada siklus I meningkat menjadi 75% pada siklus II dan sudah memenuhi KKM. Kendala dalam pelaksanaan penelitian ini ketika kegiatan pembelajaran membutuhkan waktu yang cukup panjang karena adanya pemberian tugas secara individu dan siswa banyak yang ramai sehingga guru kurang dihargai. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru disarankan untuk mencoba menerapkan model pembelajaran Co-op Co-op karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan guru juga bisa mendapatkan nilai individu dari siswa (2) Bagi siswa sebaiknya lebih bisa membiasakan diri untuk mengerjakan tugas secara individu (3) Bagi peneliti selanjutnya apabila ingin menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op ini sebaiknya pengelolaan alokasi waktu yang digunakan lebih bisa diatur kembali karena ketika penelitian ini peneliti kurang bisa mengalokasikan waktu pada saat mengerjakan tugas secara individu. Model pembelajaran Co-op Co-op juga sesuai untuk diterapkan pada mata pelajaran analisa dan riset pasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28082

Actions (login required)

View Item View Item