Khoiriyah, Siti Nur (2017) Pengembangan modul kewirausahaan berbasis guided inquiry pada siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 6 Malang / Siti Nur Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khoiriyah Siti Nur. 2017. Pengembangan Modul Kewirausahaan Berbasis Guided Inquiry Pada Siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 6 Malang. Skirpsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Winarno M.M. Kata kunci modul guided inquiry kewirausahaan. Penelitian pengembangan ini didasari oleh bahan ajar yang digunakan selama ini belum dapat membantu siswa untuk lebih berpikir kritis didalam kegiatan pembelajaran akan kurang menarik jika siswa belajar mandiri tanpa adanya alat bantu. Guru juga menjelaskan bahwa perlu adanya alat bantu dalam kegiatan belajar seperti bahan ajar yang disusun secara sistematis komunikatif dan menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul Kewirausahaan dengan model guided inquiry yang berisikan aspek Orientasi Merumuskan Masalah Merumuskan Hipotesis Mengumpulkan Data Menguji Hipotesis Dan Merumuskan Kesimpulan. Bahan ajar yang dibuat sesuai dengan kompetensi dasar yaitu Memahami cara pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya local secara langsung 2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model Research and Development (R D). Validasi modul dilakukan oleh satu orang dosen jurusan manajemen progam studi S1 Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul pembelajaran satu orang guru kewirausahaan SMK PGRI 6 Malang sebagai validator materi dan sembilanbelas siswa kelas X pemasaran sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul kewirausahaan dengan menggunakan model guided inquiry yang telah divalidasi berdasarkan penilaian oleh (1) Ahli modul memperoleh rata-rata 0 78 persentase 78% dengan keterangan Valid sedangkan dari (2) Ahli materi memperoleh rata-rata 0 847 persentase 84 71% dengan keterangan sangat valid atau layak dan pada (3) Validator user jumlah keseluruhan dari angket penilaian modul memperoleh persentase 81 84 dengan keterangan sangat valid yang berarti modul ini layak atau valid untuk digunakan. Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran kewirausahaan disarankan untuk memanfaatkan modul berbasis guided inquiry ini sebagai penunjang kegiatan belajar pembelajaran. ABSTRACT Khoiriyah Siti Nur. 2017. The Development of Entrepreneurship Module Based on Guided Inquiry of the Student s in X Grade of Marketing SMK PGRI 6 Malang. Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economic State University of Malang. Supervisor Dr. H. Agung Winarno M.M. Keywords module guided inquiry entrepreneurship This research and development background was the used learning material still unable to assist students to think more critically as well as the learning activity would be less interesting if the students learn independently without any learning tools. Teacher argued that there should be learning tools in learning activity such as learning material arranged systematically communicatively and interestingly for students. The objectives in this research as follow 1) producing entrepreneurship module based guided inquiry which contains orientation problem formulation hypothesis formulation data collection hypothesis test and conclusion formulation aspect. The learning material created as with basic competence which is understanding marketing strategy of craft products by artifact/local cultural object inspiration directly 2) knowing the developed module feasibility through validation result. This research design adapted from Research and Development (R D) model. Module validation conducted by one lecturer in the Department of Management Undergraduate Study Program of Commerce Education State University of Malang as valuator of learning module expert one teacher of entrepreneurship subject in SMK (Vocational High School) PGRI 6 Malang as valuator of material expert and nineteen students in the 10th Grade of Marketing as valuator of user. The developed product was validated entrepreneurship module based guided inquiry. Based on the assessment of validation it resulted as follows (1) Module expert showed the average of 0.78 with percentage of 78% and included into valid category (2) Material expert showed the average of 0.847 with percentage of 84.71% and include into valid or feasible category and (3) Valuator of user from questionnaire of module assessment showed percentage of 81.84% with very valid category means that this module was feasible or valid to be applied. Suggestion for further development is teacher of entrepreneurship subject suggested to use this module based guided inquiry as complementary of teaching-learning activity.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |