Pengaruh pengalaman praktik kerja industri kelas alfa, motivasi, dan penguasaan soft skill terhadap kesiapan memasuki dunia kerja peserta didik SMK Jurusan Pemasaran Se-Malang Raya / Vivi Shofiyatini Dahlan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengalaman praktik kerja industri kelas alfa, motivasi, dan penguasaan soft skill terhadap kesiapan memasuki dunia kerja peserta didik SMK Jurusan Pemasaran Se-Malang Raya / Vivi Shofiyatini Dahlan

Dahlan, Vivi Shofiyatini (2017) Pengaruh pengalaman praktik kerja industri kelas alfa, motivasi, dan penguasaan soft skill terhadap kesiapan memasuki dunia kerja peserta didik SMK Jurusan Pemasaran Se-Malang Raya / Vivi Shofiyatini Dahlan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dahlan Vivi Shofiyatini. 2017. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Kelas Alfa Motivasi dan Penguasaan Soft Skill Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Peserta Didik SMK Jurusan Pemasaran Se-Malang Raya. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rachmad Hidayat S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pengalaman Praktik Kerja Industri Kelas Alfa Motivasi Memasuki Dunia Kerja Penguasaan Soft Skill Kesiapan Memasuki Dunia Kerja SMK merupakan sekolah yang menjadi wadah untuk menyiapkan sumberdaya manusia tingkat menengah dalam pemenuhan tenaga kerja di dunia industri dan dunia usaha. Kesiapan untuk memasuki dunia kerja perlu diperhatikan agar tujuan yang hendak dicapai dapat terealisasi secara maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut SMK memerlukan progam yang mendukung salah satunya ialah Praktik Kerja Industri. Selain progam tersebut untuk menciptakan lulusan yang siap bekerja perlu adanya dorongan dari peserta didik itu sendiri dalam hal ini berkaitan dengan motivasi memasuki dunia kerja. Perusahaan pada saat perekrutan tenaga kerja tidak hanya memerhatikan keterampilan yang dimiliki peserta didik namun juga bagaimana peserta didik dapat menyesuaikan dengan lingkungan kerja serta memiliki sikap kerja yang baik. Hal ini disebut dengan penguasaan soft skill yang baik. Pengalaman praktik kerja industri motivasi dan penguasaan soft skill inilah yang menjadi pengaruh kesiapan memasuki dunia kerja peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi praktik kerja industri kelas Alfa motivasi penguasaan soft skill dan kesiapan memasuki dunia kerja peserta didik SMK jurusan pemasaran se-Malang Raya (2) pengaruh pengalaman praktik kerja industri kelas Alfa Motivasi dan Penguasaan Soft skill terhadap kesiapan memasuki dunia kerja baik secara parsial maupun simultan peserta didik SMK jurusan pemasaran se-Malang Raya. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa SMK pemasaran kelas Alfa Se-Malang Raya yang terdiri dari tiga sekolah antara lain SMKN 1 Turen SMK PGRI 3 Malang dan SMK Islam Batu dengan jumlah responden 58 siswa. Teknik pengumpulan data ialah dengan menggunakan metode kuesioner atau angket. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data analisis deskriptif uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas uji heterokesdastisitas dan uji multikolonieritas. Uji hipotesis menggunakan Uji F dan Uji t. Hasil penelitian untuk analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) klasifikasi untuk variabel kesiapan memasuki dunia kerja ialah cukup baik dengan tingkat persentase 46 6% (2) klasifikasi untuk variabel praktik kerja industri kelas alfa ialah cukup baik dengan tingkat persentase 48 3% (3) klasifikasi motivasi memasuki dunia kerja ialah tinggi dengan tingkat persentase 55% dan (4) klasifikasi untuk variabel penguasaan soft skill ialah baik dengan tingkat persentase 34%. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengalaman praktik kerja industri kelas Alfa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja peserta didik kelas Alfa SMK jurusan pemasaran Se-Malang Raya dengan nilai thitung 2 691 yang lebih besar daripada ttabel (2 691 2 00488) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 945 0 05 (0 009 2 00488) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 945 0 05 (0 000 2 00488) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 945 0 05 (0 001 2 776) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 945 0 05 (0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28078

Actions (login required)

View Item View Item