Analisis pelaksanaan praktek kerja industri (prakerin) pada kompetensi keahlian pemasaran di SMKN 2 Kediri / Audry Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan praktek kerja industri (prakerin) pada kompetensi keahlian pemasaran di SMKN 2 Kediri / Audry Kartika Sari

Sari, Audry Kartika (2017) Analisis pelaksanaan praktek kerja industri (prakerin) pada kompetensi keahlian pemasaran di SMKN 2 Kediri / Audry Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Audry Kartika. 2017. Analisis Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada Kompetensi Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Djoko Kusumajanto M.Si. Kata Kunci Analisis Pelaksanaan Prakerin Pemasaran Keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat misalnya kebutuhan tenaga kerja. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan melaksanakan praktek kerja industri (Prakerin) namun pelaksanaan prakerin memiliki kendala atau masalah yang sering didapati di lapangan antara lain monitoring dari sekolah masih relatif kurang dan kesesuaian bidang keahlian siswa kurang sesuai dengan praktek kerja di industri pasangan. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai pelaksanaan praktek kerja industri tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup pelaksanaan prakerin pada kompetensi keahlian pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri kesesuaian kemampuan produktif yang dimiliki siswa di sekolah dengan tuntutan dunia industri dalam melaksanakan prakerin di SMK Negeri 2 Kediri dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan prakerin di SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data bagi menjadi dua yaitu pertama peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Kedua pedoman wawancara pedoman observasi dan pedoman studi dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Subyek dari penelitian ini adalah ketua pokja prakerin SMK Negeri 2 Kediri ketua kompetensi keahlian pemasaran SMK Negeri 2 Kediri siswa kelas XII Pemasaran dan pihak DUDI. Hasil penelitian adalah (1) Pelaksanaan prakerin pada kompetensi keahlian pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri meliputi tahap perencanaan pengorganisasian penyelenggaraan dan evaluasi. (2) Kesesuaian kemampuan produktif yang dimiliki siswa di sekolah dengan tuntutan dunia industri dalam melaksanakan praktek kerja industri diyatakan cukup relevan dengan kompetensi keahlian siswa namun masih ada beberapa siswa yang mendapat tugas kurang sesuai dengan kompetensi. (3) Faktor pendorong pelaksanaan prakerin di SMK Negeri 2 Kediri antara lain menambah pengalaman siswa membentuk sikap siswa menjadi lebih baik membangun hubungan baik antara sekolah dengan industri sarana dan prasarana sekolah yang memadai kinerja guru yang baik adanya pembimbingan dari pihak sekolah dan pihak industri kondisi DUDI yang nyaman dan adanya bonus dari pihak DUDI sedangkan faktor penghambat prakerin di SMK Negeri 2 Kediri antara lain Adanya guru pembimbing yang kurang maksimal melaksanakan tugasnya adanya siswa yang belum mampu untuk beradaptasi dengan kondisi kerja Adanya persaingan dengan lembaga pendidikan lain adanya karyawan yang kurang ramah sarana dan prasarana kurang memadai adanya tugas yang kurang sesuai dengan kompetensi keahlian siswa. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) bagi sekolah yaitu meningkatkan pelaksanaan prakerin pada tahun-tahun berikutnya lebih selektif memilih industri pasangan memberikan pengawasan terhadap guru pembimbing dalam melakukan monitoring dengan cara memberikan lembar monitoring kepada guru pembimbing dan tetap menjaga hubungan baik dengan DUDI. (2) bagi guru pembimbing yaitu hendaknya guru pembimbing meningkatkan komitmen melakukan tugasnya sebagai guru pembimbing praktek kerja industri dan melakukan komunikasi yang intensif dengan instruktur DUDI. (3) bagi siswa yaitu siswa diharapkan mampu melaksanakan praktek kerja industri dengan sungguh-sungguh mampu beradaptasi dengan lingkungan dan berusaha mengikuti perkembangan kompetensi keahlian yang dimiliki. (4) bagi pihak industri yaitu hendaknya memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28077

Actions (login required)

View Item View Item