Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha melalui sikap kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X jurusan tata boga SMK Negeri 3 Malang / Intan Ayu Mulia Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha melalui sikap kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X jurusan tata boga SMK Negeri 3 Malang / Intan Ayu Mulia Wati

Wati, Intan Ayu Mulia (2017) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha melalui sikap kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X jurusan tata boga SMK Negeri 3 Malang / Intan Ayu Mulia Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wati Intan Ayu Mulia. 2017. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha melalui Sikap Kewirausahaan Siswa Kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si. Kata Kunci pendidikan kewirausahaan efikasi diri sikap kewirausahaan intensi berwirausaha Pengangguran masih menjadi permasalahan bagi seluruh dunia termasuk Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Agustus 2016 sebesar 5 61 persen dari 125 44 juta angkatan kerja artinya dari 100 angkatan kerja terdapat 5 hingga 6 orang pengangguran. Meskipun dibandingkan dengan setahun yang lalu (Agustus 2015) telah mengalami penurunan sebesar 0 57 persen Tetapi angka tersebut masih terhitung cukup tinggi. terhitung hingga Agustus 2016 pada jenjang lulusan SMK menduduki posisi tertinggi yaitu sebesar 11 11 persen dari 7 03 juta penduduk yang menganggur. Untuk menekan angka pengangguran di Indonesia yaitu dengan meningkatkan intensi berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi pendidikan kewirausahaan efikasi diri sikap kewirausahaan dan intensi berwirausaha siswa kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang (2) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap sikap kewirausahaan (3) Pengaruh efikasi diri terhadap sikap kewirausahaan (4) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha siswa (5) Pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha siswa (6) Pengaruh sikap kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha siswa (7) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha siswa melalui sikap kewirausahaan (8) Pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha siswa melalui sikap kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif uji asumsi klasik dan analisis jalur (path analysis). Pada penelitian ini terdapat pendidikan kewirausahaan (X1) dan efikasi diri (X2) sebagai variabel bebas sikap kewirausahaan (Z) sebagai variabel intervening dan intensi berwirausaha (Y) sebagai variabel terikat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang berjumlah 144 siswa dengan sampel berjumlah 106 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin sedangkan untuk menentukan jumlah sampel menggunakan proportional random sampling. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Berdasarkan hasil analisis jalur menunjukkan bahwa (1) kondisi pendidikan kewirausahaan efikasi diri sikap kewirausahaan dan intensi berwirausaha siswa kelas X tata boga di SMK Negeri 3 Malang termasuk dalam kategori baik (2) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap kewirausahaan siswa (3) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap kewirausahaan siswa (4) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa (5) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa (6) Sikap kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa (7) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa melalui sikap kewirausahaan (8) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa melalui sikap kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 21 untuk uji validitas reliabilitas analisis deskriptif dan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk analisis jalur menggunakan bantuan LISREL 8.30. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi SMK Negeri 3 Malang diharapkan lebih meningkatkan dan memaksimalkan pendidikan kewirausahaan yang dapat dilakukan dengan cara mengadakan bazar atau event kewirausahaan antar kelas atau kelompok yang dilakukan secara berkala. Sehingga diharapkan semakin sering siswa praktik kewirausahaan semakin meningkat efikasi diri sikap kewirausahaan dan intensi berwirausahanya. Kemudian siswa akan siap menjalankan usahanya sendiri seusai lulus dari SMK (2) Bagi guru kewirausahaan diharapkan dapat semakin meningkatkan dan memaksimalkan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelejaran yang inovatif sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu guru bisa sesekali mengajak siswa untuk mengunjungi usaha di bidang kuliner yang sukses sehingga siswa dapat belajar melalui pengalaman seorang wirausahawan secara langsung (3) Bagi siswa kelas X tata boga diharapkan akan semakin giat dalam mengikuti proses pembelajaran kewirausahaan memanfaatkan fasilitas yang disediakan di sekolah dengan baik dan mulai menjalankan usaha sejak dini. Sehingga siswa siap berwirausaha dimasa yang akan datang (4) Bagi peneliti lain Sebaiknya perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi intensi berwirausaha siswa yang tidak diteliti pada penelitian ini diantaranya latar belakang orang tua ketahanan dalam mengahadapi masalah keberanian mengambil risiko norma subyektif dan variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. ABSTRACT Wati Intan Ayu Mulia. 2017. The Effect of Entrepreneurship Education and Self Efficacy on Entrepreneurial Intention through Entrepreneurial Attitude for 10th Grade Students Catering at SMK Negeri 3 Malang. Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si. Keywords entrepreneurship education self-efficacy entrepreneurial attitude entrepreneurial intention Unemployment is still a problem for the whole world including Indonesia. According to the Badan Pusat Statistik (BPS) unemployment rate (TPT) in August 2016 amounted to 5.61 percent from 125.44 million labor force labor force means 100 are 5 to 6 people unemployed. Although compared with a year ago (August 2015) has decreased by 0.57 percent but the figure is still comparatively quite high. Counted until August 2016 at the level of vocational graduates occupying the highest position that is equal to 11.11 percent of the 7.03 million people who are unemployed. To reduce unemployment rate in Indonesia by increasing the intention of entrepreneurship. This study aims to determine (1) Conditions of entrepreneurship education self-efficacy entrepreneurial attitude and entrepreneurial intention Catering tenth grade students at SMK Negeri 3 Malang (2) The effect of entrepreneurship education on entrepreneurial attitude (3) The effect of self efficacy on entrepreneurial attitude (4) The effect of entrepreneurship education on entrepreneurial intention of students (5) The effect of self-efficacy on entrepreneurial intention of students (6) The effect of entrepreneurial attitudes on entrepreneurial intention of students (7) The effect of entrepreneurship education on entrepreneurial intention of students through the entrepreneurial attitude (8) The effect of self-efficacy on entrepreneurial intention of students through the entrepreneurial attitude. This research is a quantitative research using descriptive analysis the classical assumption test and path analysis. In this study there entrepreneurship education (X1) and self efficacy (X2) as independent variables the entrepreneurial attitude (Z) as an intervening variable and entrepreneurial intention (Y) as the dependent variable. The population in this study were all students of class X Catering department at SMK Negeri 3 Malang amounting to 144 students with a total sample of 106 respondents was calculated using the Slovin formula s while to determine the number of samples using proportional random sampling. Source of data derived from primary and secondary data. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The scale used is a Likert scale with four alternative answers. Based on the results of path analysis showed that (1) The condition of entrepreneurship education self-efficacy entrepreneurial attitude and entrepreneurial intention cookery class X student at SMK Negeri 3 Malang included in good categories (2) Entrepreneurship education positive and significant effect on entrepreneurial attitudes of students (3) Self efficacy positive and significant effect on entrepreneurial attitudes of students (4) Entrepreneurship education positive and significant effect on students entrepreneurial intentions (5) Self efficacy positive and significant effect on students entrepreneurial intentions (6) Entrepreneurial attitude positive and significant effect on students entrepreneurial intentions (7) Entrepreneurship education positive and significant effect on students entrepreneurial intentions through the entrepreneurial attitude (8) Self-efficacy positive and significant effect on students entrepreneurial intentions through the entrepreneurial attitude. This study using SPSS version 21 for validity reliability descriptive analysis and classical assumption. As for the path analysis using LISREL 8.30 assistance. Based on the results researchers suggest (1) For the head of SMK Negeri 3 Malang expected to further enhance and maximize entrepreneurship education that can be done by holding bazaar or entrepreneurship event between classes or groups that doing periodically. Thus it is expected that more and more students of entrepreneurship practice increasing self-efficacy entrepreneurship attitude and intent entrepreneurship. Then students will be ready to run their own business after graduating from vocational high school (2) For entrepreneurship teachers are expected to further improve and maximize the learning process by applying innovative learning model so that students do not feel bored in following the learning process. In addition teachers can occasionally invite students to visit businesses in a successful culinary field so that students can learn through the experience of an entrepreneur directly (3) For students of class X of culinary is expected to be more active in following entrepreneurial learning process make use of the facilities provided in school well and start running business early on. Thus students are ready for entrepreneurship in the future (4) For other researchers It is desirable to conduct further research on other factors that may affect students entrepreneurship intentions not examined in this study including parental background resilience in facing problems risk-taking subjective norms and other variables not examined by this study. KATA PENGANTAR Puji syukur peneliti panjatkan kepada Allah SWT atas semua rahmat hidayah serta inayah-Nya peneliti dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha melalui Sikap Kewirausahaan Siswa Kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang dengan baik dan benar. Penyusunan skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan pada Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dalam pembuatan skripsi ini tentulah tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu peneliti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada 1.Kedua orang tua kandung Bapak Mulyadi dan Ibu Suciati serta keluarga besar yang telah memberikan nasihat doa dan motivasi kepada peneliti dalam menyusun skripsi ini. 2.Bapak Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang telah melancarkan proses pengerjaan skripsi ini. 3.Bapak Dr. Agus Hermawan M.Si. Grad Dip MGT. M.Bus selaku Ketua Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang yang telah melancarkan proses pengerjaan skripsi ini. 4.Bapak Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW. M.A. M.Si selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktu tenaga dan pikirannya untuk membimbing memberikan masukan kesabaran dan perhatiannya kepada peneliti dalam menyusun skripsi ini. 5.Bapak Dr. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si selaku dosen penguji utama yang telah memberikan kritik saran serta nasihatnya kepada peneliti. 6.Ibu Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M selaku dosen penguji dua yang telah memberikan kritik saran serta nasihatnya kepada peneliti. 7.Kepala SMK Negeri 3 Malang Staf TU Bu Santi selaku guru kewirausahaan kelas X tata boga dan siswa kelas X tata boga yang telah banyak membantu dan mendukung peneliti selama pelaksanaan penelitian. 8.Teman-teman offering AA dan teman-teman lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah banyak membantu dan memotivasi dalam penyelesaian skripsi ini. Saran dan kritik yang bersifat membangun dari berbagai pihak sangat peneliti harapkan untuk membuat skripsi ini menjadi jauh lebih baik. Semoga skripsi ini bisa bermanfaat dan dapat digunakan sebagai bahan kajian bagi semua pihak yang membutuhkan. Malang Mei 2017 Peneliti DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK i KATA PENGANTAR v DAFTAR ISI vii DAFTAR TABEL ix DAFTAR GAMBAR x DAFTAR LAMPIRAN xi BAB I PENDAHULUAN 1 A. Latar Belakang 1 B. Rumusan Masalah 8 C. Hipotesis Penelitian 9 D. Kegunaan Penelitian 10 E. Asumsi Penelitian 12 F. Definisi Operasional 12 BAB II KAJIAN PUSTAKA 14 A. Kajian terhadap Penelitian yang Relevan 14 B. Kajian Teori 17 1. Pengertian Pendidikan Kewirausahaan 17 2. Pengertian Efikasi Diri 20 3. Pengertian Sikap Kewirausahaan 21 4. Pengertian Intensi Berwirausaha 23 5. Keterkaitan Antar Variabel 24 BAB III METODE PENELITIAN 29 A. Rancangan Penelitian 29 B. Populasi dan Sampel 30 C. Instrumen Penelitian 32 D. Uji Validitas dan Reliabilitas 34 E. Pengumpulan Data 36 F. Analisis Data 38 BAB IV HASIL PENELITIAN 45 A. Analisis Statistik Deskriptif 45 B. Uji Hipotesis dengan Analisis Jalur 48 BAB V PEMBAHASAN 57 A. Kondisi Pendidikan Kewirausahaan Efikasi Diri Sikap Kewirausahaan dan Intensi Berwirausaha Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang 57 B. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Sikap Kewirausahaan Siswa Kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang 60 C. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Sikap Kewirausahaan Siswa Kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang 61 D. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang 62 E. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang 63 F. Pengaruh Sikap Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 65 G. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang melalui Sikap Kewirausahaan 66 H. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang melalui Sikap Kewirausahaan 67 BAB VI PENUTUP 69 A. Kesimpulan 69 B. Saran 70 Daftar Rujukan 72 Lampiran 75 DAFTAR TABEL Tabel Halaman 1.1 TPT Penduduk 3 2.1 Kajian terhadap Penelitian yang Relevan 14 3.1 Penentuan Jumlah Sampel 32 3.2 Skor Alternatif Jawaban 33 3.3 Kisi-Kisi Instrumen Penelitian 33 3.4 Uji Validitas Instrumen 35 3.5 Uji Relliabilitas Instrumen 36 3.6 Nilai Tolenrance dan Nilai VIF Hasil Pengujian Multikolieritas 40 4.1 Uji Deskriptif Variabel Pendidikan Kewirausahaan 45 4.2 Uji Deskriptif Variabel Efikasi Diri 46 4.3 Uji Deskriptif Variabel Sikap Kewirausahaan 47 4.4 Uji Deskriptif Variabel Intensi Berwirausaha 48 4.5 Hasil Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Sikap Kewirausahaan 49 4.6 Hasil Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha melalui Sikap Kewirausahaan 51 4.7 Besaran Pengaruh Antar Variabel 54 8195 DAFTAR GAMBAR Halaman 3.1 Model Rancangan Penelitian 30 3.2 Hasil Uji Normalitas dengan Normal Probability Plot 39 3.3 Uji Heteroskedastisitas 41 3.4 Diagram Jalur Lengkap Seluruh Variabel 42 4.1 Diagram Jalur Persamaan Sub-Struktur 1 50 4.2 Diagram Jalur Persamaan Sub-Struktur 2 53 4.3 Diagram Jalur Keseluruhan 53 DAFTAR LAMPIRAN Halaman 1. Angket Penelitian Skripsi 75 2. Lampiran Data Mentah Valiitas dan Reliabilitas Instrumen 79 3. Hasil Validitas dan Reliabilitas Instrumen 81 4. Lampiran Data Mentah Hasil Penelitian 85 5. Hasil Uji Asumsi Klasik 90 6. Hasil Distribusi Frekuensi 92 7. Hasil Analisis Jalur Menggunakan LISREL 8.30 100 8. Dokumentasi 116 9. Surat Ijin Penelitian 119 10. Surat Selesai Penelitian 122 11. Kegiatan Konsultasi 123 12. Surat Keterangan Lulus Pendadaran 125 13. Riwayat Hidup 126

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28073

Actions (login required)

View Item View Item