Pengembangan media pembelajaran berbasis android platform adobe flash CS6 pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Hendra Bakti Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android platform adobe flash CS6 pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Hendra Bakti Nugroho

Nugroho, Hendra Bakti (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis android platform adobe flash CS6 pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Hendra Bakti Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Hendra Bakti. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Platform Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitsa Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Winarno M.M. Kata Kunci Kewirausahaan Android Adobe Flash CS6 Teknologi merupakan suatu bentuk pencapaian yang terus mengalami penyempurnaan yang dapat merasuk ke segala bidang pada kehidupan manusia salah satunya adalah bidang pendidikan. Dengan teknologi segala aktivitas dapat di efisiensi menurut tujuan dan kebutuhan. Pengembangan teknologi di bidang pendidikan sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta memberikan suasana baru bagi peserta didik dengan menghadirkan pembelajaran yang menarik. Berdasarkan observasi dan wawancara pada guru dan siswa di SMKN Muhammadiyah 2 Malang masih menggunakan media pembelajaran handout yang dibagikan pada saat pembelajaran berlangsung dan di tarik kembali pada saat selesai pembelajaran selesai. Oleh karena itu di era serba digital ini pemecahan permasalan tersebut bukanlah tidak mungkin dengan di dukung peralatan yang dimiliki siswa siswinya. Penggunaan media pembelajaran berbasis ternologi sangat dimungkinkan untuk menutupi kekurangan ini dengan pembelajaran kewirausahaan berbasis android yang perancanganya berbasis pada Action Script 3.0 Adobe Flash CS 6 yang dirancang dan diprogam menjadi suatu sistem terstruktur kedalam program virtual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Android berbasis Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan motivasi siswa berwirausaha. Model yang digunakan dalanm pengembangan media pembelajaran kewirausahaan berbasis android ini adalah model R D (Borg and Gall). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Jenis data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan media pembelajaran kewirausahaan berbasis android oleh ahli materi sebesar 94 53% termasuk dalam kategori valid. Hasil uji kelayakan media pembelajaran kewirausahaan oleh ahli media sebesar 97% termasuk dalam kategori valid. Uji coba produk memperoleh hasil 85 51% termasuk dalam kategori valid uji coba masal memperoleh hasil 83 07% termasuk dalam kategori valid. Uji coba pengukuran daya tarik siswa memperoleh hasil 82 65% termasuk dalam kategori sangat meningkat. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kewirausahaan berbasis android mampu meningkatkan daya tarik siswa dan dikatakan layak untuk digunakan sebagai pembelajaran. ABSTRACT Nugroho Hendra Bakti. 2017. Development Media of Android-Based Learning Platform Adobe Flash CS6 On Entrepreneurship Lesson In SMK Muhammadiyah 2 Malang. Thesis Department of Management Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Dr. H. Agung Winarno M.M. Keyword Entrepreneurship Android Adobe Flash CS6 Technology is a form of achievement that continues to experience improvements that can be penetrated into all fields of human life one of which is education. With the technology efficiency of the activity can be according to the objectives and needs. Technological development of education very needed to improve the quality of education and provide a new atmosphere of education by presenting an interesting learning. Based on observations and interviews on teachers and students at SMK Muhammadiyah 2 Malang the students at there using instructional media called handout its distributed at the time of the learning season and will be takes place and pull back when finish learning season. Therefore in the era of digital solving that problem is possible with the support of the technology equipment that students have called smartphone it is possible to solve this shortfall with learning entrepreneurship based on android which created based on Action Script 3.0 using Adobe Flash CS 6 which is designed and structured program into a system into a virtual program. The purpose of this study was to develop Android-based learning using Adobe Flash CS 6 at entrepreneurship subjects to increase student entrepreneurship motivation. (done) The model of research media android-based entrepreneurial learning using model of R D (Borg and Gall). For collecting data methods using interviews and questionnaires. The type of data that is obtained in the form of qualitative and quantitative data. The results of the feasibility test media android based entrepreneurial learning by subject matter experts for 94 53% included in the valid category. The results of the feasibility test of media learning entrepreneurial by the media experts is 97% included in the valid category. The result of the Real limited trial is 85 51% the category is valid and the real trials obtain score 83 07% and the results is valid. The result of students attractiveness test is 82.65% and results category is greatly increased. It can be concluded that the learning media based on android entrepreneurship able to increase student attractiveness and feasible to be used as learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28071

Actions (login required)

View Item View Item