Pengaruh reward, punishment, minat belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK PGRI 6 Malang / Talitha Audi Christanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh reward, punishment, minat belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK PGRI 6 Malang / Talitha Audi Christanti

Christanti, Talitha Audi (2017) Pengaruh reward, punishment, minat belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK PGRI 6 Malang / Talitha Audi Christanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Christanti T.A. Pengaruh Reward Punishment Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci reward punishment minat belajar fasilitas belajar hasil belajar Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang baik dalam keluarga masyarakat dan bangsa. Dalam keseluruhan proses pendidikan kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting. Pencapaian hasil belajar yang optimal dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain reward punishment minat belajar dan fasilitas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah reward (X1) punishment (X2) minat belajar (X3) dan fasilitas belajar (X4) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang berjumlah 161 siswa dengan sampel 114 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik proportional random sampling. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan 5 opsi yaitu Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Tidak Setuju Sangat Tidak Setuju. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari hasil belajar siswa pada rapor semester ganjil. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) metode kuesioner dan (2) metode dokumentasi. Uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa (1) reward kepada siswa dalam kategori baik (2) punishment kepada siswa dalam ketegori cukup baik (3) minat belajar siswa dalam kategori baik (4) fasilitas belajar dalam kategori baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar P-Plot of Regression Standardized Residual (2) Model regresi tidak heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y (3) Model regresi tidak terjadi multikolinieritas yang terlihat pada nilai VIF 10 dan mempunyai angka Tolerence 0 10. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara reward terhadap hasil belajar siswa (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara punishment terhadap hasil belajar siswa (3) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa (4) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat dijelaskan bahwa secara parsial reward minat belajar dan fasilitas belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Hasil tersebut berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya. Hal ini bisa disebabkan karena objek penelitian yang berbeda. Sedangkan variabel punishment secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Nilai dari Adjusted R-Square sebesar 0 042 berarti 4 2% hasil belajar siswa di SMK PGRI 6 Malang dipengaruhi oleh reward punishment minat belajar dan fasilitas belajar sisanya sebesar 95 8% diduga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti kesehatan cacat tubuh intelegensi perhatian bakat motif kematangan kelelahan cara orang tua mendidik relasi antar anggota keluarga suasana rumah keadaan ekonomi keluarga pengertian orang tua latar belakang kebudayaan kegiatan siswa dalam masyarakat mass media teman bergaul dan bentuk kehidupan masyarakat. Variabel yang berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah punishment. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi sekolah sebaiknya dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kondisi fasilitas belajar secara optimal (2) Bagi guru sebaiknya mempertahankan penerapan pemberian punishment yang tepat dan bersifat mendidik kepada siswa (3) Bagi siswa sebaiknya senantiasa mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh pihak sekolah dan menjalankan setiap punishment yang diberikan oleh guru. (4) Bagi peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa seperti kesehatan cacat tubuh intelegensi perhatian bakat motif kematangan kelelahan cara orang tua mendidik relasi antar anggota keluarga suasana rumah keadaan ekonomi keluarga pengertian orang tua latar belakang kebudayaan kegiatan siswa dalam masyarakat mass media teman bergaul dan bentuk kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28070

Actions (login required)

View Item View Item