Pengembangan E-learning berbasis moodle sebagai media pembelajaran pemasaran on-line untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X pemasaran di SMK Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar) / Rofi'atul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-learning berbasis moodle sebagai media pembelajaran pemasaran on-line untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X pemasaran di SMK Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar) / Rofi'atul Hasanah

Hasanah, Rofi'atul (2017) Pengembangan E-learning berbasis moodle sebagai media pembelajaran pemasaran on-line untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X pemasaran di SMK Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar) / Rofi'atul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah R.A.2017. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Pemasaran On-Line Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar). Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Aniek Indrawati S.Si M.M. Kata Kunci E-learning Hasil Belajar Media Pembelajaran moodle Media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya guru belum sepenuhnya mempergunakan media yang ada sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Pemasaran Online yang menarik dan inovatif sebagai penunjang kegiatan belajar mandiri siswa serta untuk menguji efektifitas produk e-learning berbasis moodle yang dikembangkan sebagai media pembelajaran Pemasaran Online untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X jurusan Pemasaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan milik Borg Gall kemudian dilakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan media e-learning moodle dan kelas kontrol dengan penyampaian materi melalui presentasi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Pemasaran berjumlah 90 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sumber data diperoleh dari pengisian angket validasi ahli angket tanggapan siswa terhadap media e-learning serta hasil posttest siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil validasi dua ahli materi mencapai rata-rata sebesar 92 5% yang menyatakan bahwa materi pada media e-learning berbasis moodle sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Sedangkan hasil validasi dua ahli media mencapai rata-rata sebesar 97 5% yang menyatakan media e-learning berbasis moodle sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Hasil angket tanggapan siswa pada tahap uji coba produk dan uji coba pemakaian menghasilkan rata-rata presentase sebesar 93 5% dan 90 03% yang menyatakan bahwa media layak digunakan. Hasil posttest uji coba pemakaian pada kelas ekperimen dan kontrol untuk mengetahui hasil belajar siswa didapatkan rata-rata untuk kelas ekperimen sebesar 85 23 dan kelas kontrol sebesar 80 03. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peneliti menggunakan uji t-test independent sample yang dilakukan melalui bantuan software SPSS 23.0 for windows dan menghasilkan nilai signifikansi untuk hasil belajar sebesar 0 00 0 05 dengan thitung 4 600 t tabel 2 001 maka H0 ditolak berarti ada perbedaan hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan umum yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis moodle dinyatakan efektif dapat membantu dan mendudkung guru dalam menyampaikan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28069

Actions (login required)

View Item View Item