Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik) / Winda Nur Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik) / Winda Nur Rohmawati

Rohmawati, Winda Nur (2017) Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik) / Winda Nur Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmawati W. N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Strategi Pemasaran (Studi pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suwarni M. Si. Kata Kunci model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining hasil belajar strategi pemasaran. Model pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan atau suatu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Dari hasil observasi di SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih di bawah KKM 75. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan model konvensional seperti ceramah diskusi dan tanya jawab satu arah. Pembelajaran juga masih terpusat pada guru sehingga membuat siswa pasif selama pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menurun. Dengan adanya masalah tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dalam mata pelajaran Strategi Pemasaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam ranah kognitif dan afektif. Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus setiap satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap pertemuan terdapat empat tahap (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pada mata pelajaran Strategi Pemasaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan penelitian. Hasil belajar ranah kognitif sebelum tindakan mendapat rata-rata hasil belajar sebesar 74 5 dengan persentase keberhasilan 65%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa sesudah tindakan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 76 dengan persentase keberhasilan 67 50% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 81 dengan persentase keberhasilan 77 50%. Adapun persentase keseluruhan hasil belajar ranah afektif siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I didapatkan persentase secara keseluruhan sebesar 76 26% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9 04% sehingga menjadi 85 30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitatir and Explaning (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X Jurusan Pemasaran SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik baik hasil belajar ranah kognitif maupun hasil belajar ranah afektif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28062

Actions (login required)

View Item View Item