Pengembangan e-modul berbasis adobe flash CS6 untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan e-commerce kelas X Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Malang / Uli Oktaviana Sirait - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis adobe flash CS6 untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan e-commerce kelas X Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Malang / Uli Oktaviana Sirait

Sirait, Uli Oktaviana (2017) Pengembangan e-modul berbasis adobe flash CS6 untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan e-commerce kelas X Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Malang / Uli Oktaviana Sirait. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sirait Uli Oktaviana. 2017. Pengembangan E-modul Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan E-commerce Kelas X Jurusan Pemasaran Di SMKN 1 Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. Kata Kunci e-modul adobe flash cs6 hasil belajar e-commerce. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan yang terus berkembang mampu memberikan inovasi pada media pembelajaran salah satu inovasi yang dimunculkan ialah berupa e-modul. E-modul atau modul elektronik memiliki karakteristik yang hampir serupa dengan modul cetak. E-modul dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik interaktif dan mampu menyampaikan pesan secara historis dengan menggunakan video dan memberikan instrumen. Pengembangan e-modul berbasis Adobe Flash CS6 bertujuan untuk (1) Menghasilkan e-modul berbasis Adobe Flash CS6 pada pokok bahasan E-commerce (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran e-modul berbasis Adobe Flash CS6 pada pokok bahasan E-commerce dan (3) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran e-modul berbasis Adobe Flash CS6 pada pokok bahasan E-commerce. Pengembangan e-modul ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (Sugiyono 2013 297). Peneliti menggunakan 8 langkah yang telah disesuaikan dengan kondisi lapangan keterbatasan waktu dan biaya. Adapun langkah-langkah yang digunakan yaitu (1) Identifikasi potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil validasi media sebesar 91 18% dari ahli media I dengan kriteria sangat valid dan 97 06% dari ahli media II dengan kriteria sangat valid sedangkan hasil validasi materi sebesar 98 61% dari ahli materi I dengan kriteria sangat valid dan 94 44% dari ahli materi II dengan kriteria sangat valid dan uji coba produk sebesar 92 44% dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan tersebut dinyatakan bawha e-modul berbasis Adobe Flash CS6 yang dibuat layak dan dapat diterapkan sebagai media pembelajaran Pemasaran Online pada pokok bahasan E-commerce. (2) E-modul yang dibuat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui dengan melihat nilai rata-rata hasil posstest yang dilakukan pada kelas eksperimen sebesar 81 21 dan kelas kontrol sebesar 69 63. (3) Respon siswa terhadap penggunaan e-modul berbasis Adobe Flash CS6 pada pokok bahasan E-commerce adalah sangat positif. Saran untuk pengembangan e-modul berbasis Adobe Flash CS6 selanjutnya agar e-modul berbasis Adobe Flash CS6 ini dikembangkan pada mata pelajaran produktif Pemasaran yang lain. Selain itu juga e-modul berbasis Adobe Flash CS6 dapat dikembangkan menjadi e-modul berbasis Adobe Flash CS6 yang bisa digunakan melalui smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28061

Actions (login required)

View Item View Item