Pengaruh Model Project Based on Environment Learning Terhadap Creative thinking Skill Ditinjau dari Literasi Lingkungan Siswa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Project Based on Environment Learning Terhadap Creative thinking Skill Ditinjau dari Literasi Lingkungan Siswa

Salym, Alya Qhutra Nada (2022) Pengaruh Model Project Based on Environment Learning Terhadap Creative thinking Skill Ditinjau dari Literasi Lingkungan Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah dengan tujuan, yakni: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based On Environment Learning terhadap creative thinking skill, dan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based On Environment Learning terhadap creative thinking skill ditinjau dari literasi lingkungan siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quais experiment design. Desain penelitian yang digunakan untuk pengukuran antar variabel dengan menggunakan Posttest-Only control group design. Subjek penleitian yang digunakan adalah siswa-siswi kelas XI Geografi di SMAN 4 Sidoarjo. Sampel data ditentukan berdasrkan atas kesetaraan kriteria yakni, nilai rata-rata dan jumlah siswa yang hampir setara. Teknik sampling meggunakan random sampling berbantuan koin. Teknik ini menunjukkan adanya kesetaraan, sehingga peluang pada kedua kelas menjadi kelas eksperimen maupun kontrol sama. Pada penelitian ini kedua kelas akan diberikan treatmen berbeda, pada kelas eksperimen akan diberikan model pembelajaran project based on environment learning, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran yang sehari-hari digunakan guru yakni dengan ceramah, disuse dan tanya jawab. Intrumen penelitian yangdigunakan adalah angket dan soal tes. Soal tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh dari soal essay yang dikembankan memuat indikator ketercapaian kemampuan berpikir kreatif. Angket digunakan untuk mengukur literasi lingkungan peserta didik. Sebelum digunakan, instrument dilakukan uji instrument dengan validitas dan reliabilitas. Data yang tidak valid atau tiak reliabel kemudian dilakukan tahap perbaikan dengan mengeluarkan sebagai butir instrument, kemudian dilakukan uji ulang hingga data valid dan reliabel. Data penelitian yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji Independent Sample T-test dan Two Way Anovadengan berbantuan SPSS 26.0 for Windows. Hasil temuan menunjukkan, (1) adanya pengaruh model pembelajaran Project Based On Environment Learning terhadap creative thinking skill, (2) adanya pengaruh model pembelajaran Project Based On Environment Learning terhadap creative thinking skill ditinjau dari literasi lingkungan siswa. Pada temuan pertama didukung dengan nilai signifikasni 0,003 ≤ 0,05 dengan kata lain adanya peneriman H1. Pada temuan kedua meyatakan adanya pengaruh kemampuan berpikir kreatif bila ditinjau literasi lingkungan siswa. ini ditunjukkan dengan nilai signifikasini 0,037 ≤ 0,05, maka pad ahipotesis kedua juga terjadi penerimaan H1 dan penolakan H0. Berbagai hasil dan proses dalam penelitian ini menghasilkan sebuah saran yang membangun yang dapat digunakan untuk beberapa pihak dengan penelitian yang serupa. Beberapa saran yang diberikan pasca penelitian ini antara lain: (1) bagi guru disarankan untuk memiliki sikap tegas dalam kegiatan pembelajaran, melakukan monitoring secara virtual pada setiap tahap, serta mengembangkan LKPD dengan kemasan yang menarik, (2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memiliki tim peneltii serta menjalin komunikasi dan relasi jauh jauh hari dengan pihak masyarakat dan pemerintahan pada tingkatan desa, (3) Bagi sekolah disarankan untuk memberikan rekomendasi dan menjalin Kerjasama baik pada setiap instansi kemasyarakat yang dapat membangun prosesi pembelajaran luar kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Senayan Library Management System (SLIMS)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:52
Last Modified: 03 Apr 2023 01:52
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item View Item