Pengembangan audio visual dengan menggunakan sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perencanaan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Nadia Intan Kumala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan audio visual dengan menggunakan sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perencanaan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Nadia Intan Kumala

Kumala, Nadia Intan (2017) Pengembangan audio visual dengan menggunakan sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perencanaan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Nadia Intan Kumala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kumala Nadia Intan. 2017. Pengembangan Audio Visual Dengan Menggunakan Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M. Si Kata Kunci Media Audio visual Sparkol VideoScribe Media Pembelajaran Merumuskan Rencana Pemasaran Media adalah alat perantara yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar karena dengan adanya media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran membangkitkan rangsangan keinginan atau minat kegiatan belajar. Dalam proses kegiatan belajar kehadiran media cukup penting karena ketidakjelasan atau kerumitan dalam bahan yang disampaikan oleh guru dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai suatu perantara. Di dalam proses pembelajaran media yang digunakan hanya berbatas pada media powerpoint text dan verbal antara guru dan siswa terutama pada mata pelajaran perencanaan pemasaran. Berdasarkan hasil wawancara oleh guru siswa masih membutukan media yang lebih membangkitkan keaktifan siswa dalam memulai pembelajaran dengan pemutaran video siswa sebenarnya telah mempunyai potensi apabila di dalam kelas dapat menggunakan media yang berbeda dari yang pernah diterapkan. Oleh karena itu pemanfataan audio visual dengan menggunakan Sparkol VideoScribe sebagai media pembelajaran dapat dijadikan sebagai inovasi siswa untuk menarik perhatian siswa dalam memulai pelajaran dan dijadikan sebagai sebuah media alternatif dalam mengatasi permasalahan kejenuhan dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg Gall (1989) yang telah dimodifikasi disesuaikan dengan keadaan lapangan keterbatasan waktu tenaga dan biaya yangt terdiri dari (1) analisis kebutuhan awal (2) mengembangan produk awal (3) validasi ahli (4) revisi produk I (5) uji coba lapangan (6) revisi produk II (7) produk akhir. Kegiatan uji coba lapangan dilakukan menggunakan metode deskriptif pada kelas X Pemasaran SMKN 1 Pasuruan sejumlah 35 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kuantitatif dan kulitatif instrumen yang digunakan berbentuk angket atau kuisoner serta wawancara. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentasi sebesar 86% ahli validasi materi 100% uji coba pengguna guru sebesar 90% dan uji coba pengguna siswa sebesar 88% sehingga rata-rata dari empat analisis keseluruhan validasi diperoleh 89 5% Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan audio visual dengan menggunakan Sparkol VideoScribe sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perencanaan pemasaran di SMK dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. ABSTRACT Kumala Nadia Intan. 2017. The Development of Audio Visual by Using Sparkol VideoScribe as Learning Media to the Marketing Plan Subject in SMK Negeri 1 Pasuruan. Mini Thesis Department of Management Faculty of Economic State University of Malang. Supervisor (I) Dr. Suwarni M. Si Keywords Audio Visual Media Sparkol VideoScribe Learning Media Marketing Plan Media is mediator that necessary in teaching-learning activity due to the learning media will be able to assist students in understanding learning materials and stimulating the interest of learning activity. In teaching-learning process the existence of learning media is quite important because unclear and complexity in delivering material by teacher will be able to be assisted by this learning media which serves as mediator. Based on the observation result to the learning process the used media only limited to the PowerPoint and verbal media between teacher and students especially to the marketing plan subject. Based on interview result to the teacher students still need media which will lead to the more student activeness in starting the learning by playing video. The students actually already have potential if the class able to use media which different than before. Therefore the use of audio visual by using Sparkol VideoScribe as learning media can be made as innovation in order to attract student s attention in starting the learning and made as alternative media in overcoming with saturation and student understanding problem towards the learning process. Model that used in this research and development was Borg Gall (1989) model which been modified and adjusted with the actual condition time limitation energy and cost as follow (1) needs assessment (2) initial product development (3) expert validation (4) revision to the product I (5) field test (6) revision to the product II (7) final product. The activity of field test was conducted by using descriptive method to the 10th Grade Marketing SMKN (Public Vocational High School) 1 Pasuruan for 35 students. Data collection that used in this research and development was quantitative and qualitative data while the instrument was questionnaire and interview. Based on the result of data analysis it was obtained validation result by media expert for 86% material expert for 100% user test of teacher was 90% and user test of students was 88%. Thus the average of validation result was 89.5%. It could be concluded that the development of audio visual by using Sparkol VideoScribe as learning media to the marketing plan subject in SMK (Public Vocational High School) stated as valid and feasible to be used at the learning process in class.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28058

Actions (login required)

View Item View Item