Makhrobi, Nur Mustofa (2017) Pengembangan media pembelajaran dengan education game pada materi Perencanaan Produk dan Distribusi kelas X Pemasaran di SMKN 1 Malang / Nur Mustofa Makhrobi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Makhrobi Nur Mustofa. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Education Game pada Materi Perencanaan Produk dan Distribusi Kelas Kelas X Pemasaran di SMKN 1 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Education Game Perencanaan Produk dan Distribusi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Media pembelajaran berperan penting untuk membantu kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Salain itu media pembelajaran dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa baik dalam kelas maupun pembelajaran secara mandiri. Media pembelajaran dengan education game ini dikemas dalam bentuk CD interaktif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran dengan education game pada materi perencanaan pemasaran kelas X pemasaran di SMKN 1 Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam langkah yaitu concept design material collecting assembly testing ditribution. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran dengan education game pada materi Perencanaan Produk Distribusi (2) menguji kelayakan media pembelajaran dengan education game yang digunakan dalam proses pembelajaran pada kompetensi dasar mendiskripsikan Perencanaan Produk dan Distribusi (3) menghasilkan buku panduan penggunaan media pembelajaran. Hasil analisis media pembelajaran dengan education game menunjukkan skor hasil validasi ahli materi 94% dan ahli media 91%. Pada ujicoba 30 siswa 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan education game yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi perencanaan pemasaran. Kritik dan saran pada penilaian validasi digunakan peneliti sebagai revisi produk. Saran pemanfaatan bagi pengguna terlebih dahulu mempelajari dan memahami petunjuk penggunaan media dan kegiatan pembelajaran tidak hanya melalui pendidikan saja melainkan dapat dijadikan sumber belajar mandiri maka pengguna langsung berinteraksi dengan media. Media pembelajaran dengan education game ini dapat didiseminasikan kepada pendidik yang lain agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang inovatif serta melalui MGMP/MGMD tentang media pembelajaran sehingga dapat digunakan oleh seluruh SMK jurusan Pemasaran. Pengembangan produk lebih lanjut perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan metode eksperimen melalui kelas kontrol. Pengembangan media pembelajaran selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan dengan penyesuaian perkembangan teknologi terbaru untuk dapat menarik dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi akan sangat membantu untuk berkreasi mengeksplor lebih banyak lagi mengenai media pembelajaran. ABSTRACT Makhrobi Nur Mustofa. 2017. The Learning Media Development by Education Game on The Product Planning and Distribution Material of X Grade for Marketing Department at SMKN 1 Malang. Sarjana s Thesis Management Department Economics Faculty State University of Malang. Supervisor Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Keywords Media Based Learning Education Game Product Planning and Distribution Multimedia Development Life Cycle (MDLC) The Learning Media role is important to review helps learning activities carried out by teachers and students. Besides that learning media can be used as a learning resource for Students Whether in a class or Independently Learning. Learning media with Education Game was packed in the form of an Interactive CD. This research purposed to produce learning media with an education game in a planning marketing material of X grade for marketing departments at SMKN 1 Malang. This Research and Development are using Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Method with six steps that is concept design material collection assembly testing ditribution. The purpose of this research and development are among (1) produce products of learning media with an education game with the matter of product planning and distribution (2) Testing the feasibility of learning media with education game wich was used in the learning process on Competence basic fundamentals which in describe product planning and distribution (3) produces guidebook uses learning Media. The results of the analysis learning media with education game shows scores finding matter validation expert 94% and media expert 91%. The trial on thirty students are 90%. These results shows that learning media with games education developed very worthy to be used in the learning process of marketing planning material. Criticism and suggestions on judgment researchers validation used as a revision of the product. The utilization suggestions for users must be first learn and understand the instructions for use of media and learning activities not only through education but it can be a source of self-learning so that the user directly interacts with the media. The Learning media with this education game can be disseminated to other educators in order to create an innovative learning process as well as through MGMP/MGMD about learning media so it can be used by all SMK Marketing department. Further product development needs necessary advanced research using experimental methods by classes control. Further development of learning media is expected to be developed with the adjustment of the newest technological developments to be able to attract and motivate the students learning process. Technology developments will be very helpful for the review to be creative explore more about learning media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |