Pengembangan e-module berbantuan kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran pengetahuan produk kompetensi dasar mengindentifikasi karakteristik jasa (studi pada kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Shynta Putri Indraswari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbantuan kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran pengetahuan produk kompetensi dasar mengindentifikasi karakteristik jasa (studi pada kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Shynta Putri Indraswari

Indraswari, Shynta Putri (2017) Pengembangan e-module berbantuan kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran pengetahuan produk kompetensi dasar mengindentifikasi karakteristik jasa (studi pada kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Shynta Putri Indraswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indraswari Shynta Putri. 2017. Pengembangan E-Module Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Pengetahuan Produk Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Karakteristik Jasa (Studi pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata Kunci E-module Kvisoft Flipbook Maker Pengetahuan Produk E-module merupakan salah satu media pembelajaran berbentuk digital. Pengembangan e-module dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan bantuan software Kvisoft Flipbook Maker yang mampu membuat tampilan modul layaknya sebuah buku digital. Dengan software tersebut e-module dapat ditambah video audio maupun file dengan format SWF. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development milik Borg dan Gall dengan modifikasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain (1) menghasilkan e-module untuk mata pelajaran pengetahuan produk (2) menguji kelayakan e-module berdasarkan hasil validasi media dan validasi materi (3) mengetahui tanggapan pengguna terhadap e-module melalui uji coba produk. Validasi dilakukan oleh seorang validator ahli media yang merupakan dosen jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang serta seorang validator materi yang merupakan guru mata pelajaran pengetahuan produk di SMK Negeri 1 Turen. Sedangkan uji coba lapangan dilakukan di kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen dengan jumlah 20 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam dua cara yaitu wawancara dan kuesioner. Wawancara dilakukan kepada guru pengajar mata pelajaran pengetahuan produk dengan tujuan untuk mengetahui proses belajar mata pelajaran pengetahaun produk di SMK Negeri 1 Turen. Sedangkan kuesioner digunakan untuk mengetahui nilai validasi e-module. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan hasil bahwa e-module hasil pengembangan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar alternatif untuk mata pelajaran pengetahuan produk. Berdasarkan hasil penilaian oleh validator ahli media diperoleh hasil 94.67% dengan kategori sangat kuat. Yang artinya e-module hasil pengembangan sangat layak untuk digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil penilaian oleh validator ahli materi diperoleh hasil 80.95% dengan kategori kuat. Yang artinya e-module hasil pengambangan layak untuk diterapakan dalam pembelajaran dengan sedikit revisi. Berdasarkan hasil uji coba lapangan diperoleh hasil 96.87% dengan kategori sangat kuat. Artinya e-module hasil pengembangan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan belajar alternatif dalam mata pelajaran pengetahuan produk. ABSTRACT Indraswari Shynta Putri. 2017. E-Module Development Assisted Kvisoft Flipbook Maker of Product Knowledge Subjects in Basic Competence Identifying Characteristics Services (Study at XI Grade Marketing SMK Negeri 1 Turen). Sarjana s Thesis Management Department Economics Faculty State University of Malang. Supervisor Drs. Dwi Djoko Kusumajanto M.Si Keywords E-module Kvisoft Flipbook Maker Product Knowledge E-module is one of learning digital media shaped. E-module development in this research and development is done with the help of software Kvisoft Flipbook Maker which can make the display module like a digital book.With that software e-module can be added video audio and files with SWF format. This Research and development used research and development method belonging of Borg and Gall with modifications. This research and development purposes among (1) generate e-module for the subjects of product knowledge (2) test the feasibility e-module based on the results of validation media and validation matter (3) determine the responses of users against e-module through trials product. Validation performed by a validator media experts who is lecturer of Educational Technology Faculty of Education University of Malang and also as a validator matter which is the subject teachers of product knowledge in SMK Negeri 1 Turen. While field trials conducted in class XI Marketing 2 SMK Negeri 1 Turen by the number of 20 learners. The Data was done in two ways that is interviews and questionnaires. Interviews were conducted to teachers of subjects the product knowledge purposed to knew the study subjects knowledge products in SMK Negeri 1 Turen. While the questionnaire is used to know the value of e-module validation. The data were analyzed qualitatively and quantitatively. Based on the research that has been done is found the result that the e-module development results declared eligible to be used as an alternative learning resources for subjects of product knowledge. According to the value of validator media expert the results obtained 94.67% with a very strong category. Which means that e-module development results very feasible to use without revision. Based on the results of the validator matter expert the results obtained 80.95% with strong category. Which means that e-module results deserve to be applicable floating in learning with a minimal revision. Based on the field trial results obtained 96.87% with a very strong category. This means that e-module development results is very feasible to be used as an alternative learning in the subjects of product knowledge matter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28053

Actions (login required)

View Item View Item