Pengembangan modul pembelajaran komunikasi bisnis pada materi teknik negosiasi (studi kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan) / Rizaldi Virgianzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran komunikasi bisnis pada materi teknik negosiasi (studi kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan) / Rizaldi Virgianzah

Virgianzah, Rizaldi (2017) Pengembangan modul pembelajaran komunikasi bisnis pada materi teknik negosiasi (studi kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan) / Rizaldi Virgianzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Virgianzah Rizaldi 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Komunikasi Bisnis Pada Materi Teknik Negosiasi (Studi Kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Univerisitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Pengembangan Modul Komunikasi Bisnis Teknik Negosiasi Mata pelajaran Komunikasi Bisnis adalah salah satu mata pelajaran produktif pada kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan. Berdasarkan observasi pada saat melakukan Kegiatan Praktik Lapangan (KPL) didapatkan berbagai macam masalah salah satunya yaitu kurangnya modul pembelajaran untuk mata pelajaran tersebut dikarenakan mata pelajaran ini adalah pecahan dari Kurikulum Sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Selain itu kurangnya referensi-referensi siswa mengenai buku-buku menyangkut tentang mata pelajaran komunikasi bisnis dan kurangnya kesadaran siswa untuk belajar mandiri. Solusi dari permasalahan ini adalah pemberian bahan ajar yang sama antar siswa dan sistematis berupa modul pembelajaran. Dan peneliti berharap adanya modul mata pelajaran Komunikasi Bisnis dapat meningkatkan pengetahuan pemahaman dan peningkatan prestasi dibidang akademik di siswa Kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Pembelajaran Komunikasi Bisnis Pada Materi Teknik Negosiasi di SMK Negeri 1 Pasuruan dan mengetahui kelayakan dari modul tersebut. Selain itu penelitian ini juga diharapkan bisa membantu guru dalam menyampaikan materi pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM) dan juga sebagai bahan ajar tambahan untuk memudahkan siswa untuk menerima materi sehingga siswa tidak menunggu guru untuk mendapatkan materi yang lengkap dan sistematis. Metode penelitian yang diambil menggunakan metode Research and Development (R D) Sugiyono yang disesuaikan dengan penelitian langkah-langkah metode tersebut adalah 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk Awal (Draft Produk) 4) Validasi Oleh Para Ahli 5) Revisi Produk Awal 6) Uji Coba Kelas Terbatas 7) Revisi Produk Produk Final. Untuk subyek uji coba dibagi menjadi 2 (Dua) yaitu 1) Subyek Ahli modul dan materi dan 2) Uji Coba Kelas Terbatas. Untuk uji coba kelas terbatas menggunakan 27 Orang siswa dari Kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dari para pakar dan lembar angket respon siswa. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1). Modul ini telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa 2) Hasil dari rata-rata angket respon siswa yaitu sebesar 4 36 dengan kategori sangat setuju dan (3) Hasil Validasi dilakukan oleh para ahli yaitu 1 (Orang) Ahli Modul dan 2 (Dua) Orang Ahli Materi. Untuk Ahli Modul rata-rata skor yang diperoleh sebesar 4 07 dengan kategori Valid sedangkan untuk Ahli Materi Ahli Materi 1 rata-rata skor yang diberikan sebesar 4 33 dengan kategori Sangat Valid dan untuk Ahli Materi 2 rata-rata skor yang diberikan sebesar 3 57 dengan kategori Valid. ABSTRACT Virgianzah Rizaldi 2017. The Development Of Learning Modules Of Business Communication On The Negotiation Techniques Subject (Study Of XII Grade Marketing At SMK Negeri 1 Pasuruan). Essay. Department of Management Faculty of Economics State University of Malang. Supervisor Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Keywords Development Modules Business Communication Negotiation Techniques Business Comunication is one of the productive subjects in class XII Marketing at SMK Negeri 1 Pasuruan. Based on observation at the of the activities of the practice field (KPL) the lach of learning modules for these subjects because these subject are shards of the previous currculum namely Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) In addition the lack of refrences of the student about the book concerning the subjects of business comunication and the lack of awarness of the student for self learning. The solution of this problem is the provision of teaching materials between students and sytematic form of the learning modules. Researches hope the presence of modules subjecs business communication can enhance knowledge understanding and increased achivement in the academic XII Grade Student of Marketing At SMK Negeri 1 Pasuruan Ths study aims to develop learning modules business comunications on the negotiation techniques in SMK Negeri 1 Pasuruan and determinate the feasibility of the module. This study also expected to help the teacher in presenting the material at the time of teaching and learning activities (KBM) and also as teaching material additional to allow students to receive the materials so that students don t wait for teacher to get the material complete and sytematic. The method of research was taken using method Research and Development (R D) by Sugiyono customized with research. Step by step methods are 1) Potential and Problem 2) Data Collecion 3) The Design Of The Initial Product 4) Validation By Experts 5) The Revision Of The Initial Product 6) Trial Unlimited Classes 7) The Revision Of The Product 8) Final Product. For the subject test is divided into two 1) The Subject Of The Expert Module and Material and 2) Trial Unlimited Classes. For Trial classes unlimited use of the 27 Student of class XII Marketing At SMK Negeri 1 Pasuruan. Data collection techniques using the validation sheet from experts and sheets of questionaire responses of student. Data were analyzed qualitativelu and quantitatively. The result of this study are 1) This Module has been developed in accordance with the needs of the students 2) The result of the average quetionnaire responses of the student that is equals to 4 35 with categories Strongly Agree and 3) The result of the validation carries out by exprets 1 (one) person expert module and 2 (two) matter expert. To expert own module the average obtained a score of 4 07 with category valid as for the expert own materials material expert 1 avergaes scores given 4 33 with category of very valid and to the expert material 2 the average score given by 3 57 with a valid category

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28052

Actions (login required)

View Item View Item