Pengaruh diversifikasi produk terhadap volume penjualan produk pasca panen apel pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Batu Malang <BR>oleh Maya Dhian Anggraini

Anggraini, Maya Dhian (2002) Pengaruh diversifikasi produk terhadap volume penjualan produk pasca panen apel pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Batu Malang <BR>oleh Maya Dhian Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingayna ng semakink etat dan tajam anlarap err-rsahaaa:kr an mendorong perusahaaunn tuk lebih berpacum eningkatkanv ariasi-variaspir odLrkm ereka.S alah satub entuku sahay angd ilaktkan untnkm engataspi ersaingante rsebuat dalahd engan mengadakanp enganekaragarnapnr oduk (diversifikasi produk). Dalarn usahanya mengataspie rsaingany ang semakink etat dan cendertmgs aling menghancurkanP T Kusurna Satria Dinasasri Wisata Jaya Batu Malang juga melakukan diversifikasi produk yang meliputi wama, rasa dan kemasan terhadap produk sari apel dan lenang apelnya. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh diversifikasi produk terhadapv olume penjualanp roduk pasca pauclt apel pada PT. Kusuma Satria DinasasrWi isataJ aya Batu Malang, Subyekp errelitiany ang dipakard alarnp enelitian ini adalah diversifikasi produk sari apel, tenang apel dan volume penjualan produk pascap anena pel pada PT. KustunaS atria DinasasriW isata JayaB atu Malang tahun 1997-2001P.e nelitianin i mempurryadi uav anabely aitu variabeli ndependen(X ) dan variabedl ependen(Y ) Variabeli ndependen(X ) penelitiani ni adalahd iversitlkasi sana pel( X1) dan drversifikastie nanga pel (X2). Sedangkanva nabeld ependen(Y ) dalamp enelitianin i adalahv olumep enjualanp roduk pascap anena pel. Denganm enggunakanp endekatand esknphf korelasional,d ata diperoleh denganm enggunakante hnik wawancara dan dokumentasi.S etelahm elalui proses pengolahand ata dan analisis data regresi berganda maka dapat diketahui hasil penelitiayna ngm enyatakan(:1 ) nilat p, =0,376, nilai t:2,759, signifikansFi 0,008, SE-22% dan SR-51% rnembnktikan bahwa pengaruh variabel independen X1 (diversifikassi ari apel) terhadapv ariabel dependenY (volume penjualan)s igmfikan ataud apatd ipercayad engant rngkatk eperoayaan5 -%o(,2 ) nilai /":0,353, nilai t-2,588,s ignifika.nts:i0 ,013, SE-21% dan SR:49% membuktikanb ahwap urgamh variabeiln dependenX 2 (diversifkasi. lenanga pel) terhadapv ariabeld ependenY (volumep enlualan)s ignifrkana tau dapat dipercayad engant ingkat kepercayaan5 To, (3) nilarF ,=0,3'76;B .:0,353. nilai F:l8,906. si6,'nifikanFs-i0 ,000d an SE-43% membuktkan bahwa secara keselunrhan pengaruh variabel independen X1 (diversifikassi ari apel). X2 (diversifikasij enang apel) terhadapv ariabel dependenY (volume penjualan) signifikan atau dapal dipercaya dengan tingkat keperc ayaan 5or'o, (4) nilai ft=0,376, b-4622.936 dan SE:22%; SR:5 l% rnembr.rktrkabna hr','a variabel independen (dtversifikasi produk) yang dominan pengaruhrya terhadap vanabel dependen (vohmre penlualan) adalah diversifikasi sari apel, yaitu sebesar 22%. Berdasarkanh asil penelitiand i atasm aka dapat ditarik suatuk esimpulany ang menyatakabna hwa: (l) ada pengaruhy ang positif antara diversifikasis ari apel terhadap volume penjualan produk pasca panen apel pada PT. Kusuma Sahia DurasasWri isataJ aya Batu Malang, (2) adap enganrhy ang posrtrfa ntarad rversifikasi jenang apel terhadap volurne penjualan produk pasca panen apel pada PT. Kusuma Satria Drnasasn Wisata Jaya Batu Malang, (3) ada penganrh yang positrf antara diversifikassi ari apel dan diversifikasi jenang apel secarab ersama-samate rhadap volumep enjualanp roduk pascap anena pel pada PT. KusumaS atnaD inasasriW isata Jaya Batu Malang, (4) diversifrkasi produk yang domuran pengaruhnya terhadap volumep enlualanp roduk pascap anena pel pada P'I. Kusuma SatriaD inasasriW isata JayaB atuM alanga dalahd iversifikasis ari apel. Saran yang bisa dikemukakan berkartan dengan temuan yang diperoleh selama melaksanakar penelitian ini adalah: ( l) karena jangkauan pemasaran PT. Kusuma Satna Drnasasn Wisata Jaya Batu Malang sudah cukLrp luas, maka sudah saatryaP T. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya tsatu Malang menggunakanja sa konsultanu rtuk membantl melakukank egiatan diversifikasi, hal tersebutb ertujuan agark egagalanp roduk dipasarand apat diminimumkan,s elain itu produk akan dapat rnenjangkaliun gkupp asary ang lebih luas, (2) PT. KusumaS atriaD rnasasrWi isata Jaya Batu Malang drharapkan lebrh banyak melakukan diversifikasi kemasan yang lebih menekankanp ada adanya variasi-variasip ada lumlah isi lenang apel, hal ini bertujuana garj enang apel lebih dapat menjangkauk onsumend ari berbagaig olongan diantaranyam eliputi golongan rnenengahk e bawah, rnenengah,d an menengahk e atas, (3) diversifikasi produk yang dilaksanakan sebaiknya disertai dengan adanya promosi. Prornosi yang dapat dilakukan diantaranya dapat melalui surat kabar ataupunp emberians ampel-sempegl ratis kepada para pengrrnjungs uperrnaket/toko (khususnyas upermaket/tokoy ang menlual produk-produk pasca panen apel dari PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Batu Malang), (4) agar ketrgrran PT. KusumaS atria DinasasriW isata Jaya Batu Malang tntnk rnenempatkank ota Batu sebagai kota apel dengan ciri khas makanan dan minuman dari buah apel dapat terwujud, maka alangkah baiknya apabila P-l'. Kusrnna Satria Dnasasri Wisata .laya Batu Malang melakukan kerjasama dengan biro-bro perjalanan wisata (pihak yang langsung berhubungan dengan para wisatawan), agar bro-biro perjalanan wrsata tersebumt emberikanp roduk-produkp asca panen apel PT Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Bahr Malang yang meliputi jenang apel. sari apel, selai apel, wingko apel dan brem apel kepada wisatawan yang tengah berkunjung ke kota Batu atau kota Malang sebagai cinderamata (makanan dan mimrman khas) kota Batu, (5) unttrk mengantisipaspir oduknya dari pembajakan maka sebaiknya PT. Kusuma Satna DurasasnW isata Jaya Batu Malang hendaklya mematenkanp roduk-produknya,( 6) pemberianlo go ekolabelng pada kemasanp roduk akan memberikann ilai tambah tersendirbi agtp roduk mtuk dapatb ersaingd enganp roduk-produkl ainnya, (7) untuk penelitiany anga kan datanga kan lebih baik jika lebih banyakm elibatkanp erusahaanperusahaayna ng seleniss ehinggah asil penelitians elanjutnyad, apatd igeneralisasrkan pada lingkup yang lebih luas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28040

Actions (login required)

View Item View Item