Pengaruh tayangan iklan pasta gigi di televisi terhadap perilaku konsumen mahasiswa Universitas Negeri Malang dalam membeli pasta gigi <BR>oleh Moh. Ali Fatoni Abidin

Abidin, Moh. Ali Fatoni (2001) Pengaruh tayangan iklan pasta gigi di televisi terhadap perilaku konsumen mahasiswa Universitas Negeri Malang dalam membeli pasta gigi <BR>oleh Moh. Ali Fatoni Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Periklanan merupakan salah satu kegiatan promosi yang menjalin komunikasi antar produsen dengan konsumen, dimana media audio, visual maupuna udio-visuasle bagasi arananyaT.e levisim erupakans alahs atum edia periklanaanu dio-visuayla ngm emilikib erbagakie unggulanD.e ngank emampuan jangkauayna ngm erambakhe berbagabie ntukk ehidupamn asyarakaOt.l ehk arena itulahm ediat elevisib anyakd ijadikans ebagami ediap eriklanano leh perusahaan. Tayangainkl an di televisir nenarnpilkakno mponenp elaku,a lur cerita,s uasana danp enunjandga lams ebuahta yangany ang utuh.A gar iklan di televisid apat menankp erhatianp emirsam, akah aruslahik lan tersebudt irancangs edemikian rupa hinggab isa rnenunbulkank esan dan ingatand alam din pemirsanya. Kemudialna tarb elakangp enelitianin i adalahin ginm engetahuaip akahta yangan ikland i televisit ersebumt alnpum empengaruhpie rhatianp emirsak, hususnya mahasiswUan iversitaNse gerMi alang. Denganm enggunakapne ndekatadne skriptifk orelasionapl,e nelitianin i berusahuan tuk menielaskanp engaruht ayangani klan pasta gigi di televisi terhadapp erilaku konsumenm ahasiswaU niversitasN egeri Malang dalam membeplia stag igi, Populasid alarn penelitiani ni adalahs eluruhm ahasiswaU niversitas NegerMi alangS. edangkasna mpeyl angd iambila dalahm ahasiswyaa ngb erasal daril ima fakultasy anga da dalarnl ingkunganU niversitaNs egeriM alang.D ari mahasisrvya nga das aati ni (setnestegre nap2 000/200-yl)a kni sebanya7k .296 orangm ahasisrvdaa, rij umlaht ersebupt enelitim engambi1l 00r espondesne bagai sampelP. enentua;nu mlah sampelt ersebutb erdasarkakne terbatasapne neliti dalamh al tenagar, vaktu dan biaya. Sesuaid enganl okasi populasit ersebut penelitiainn i dilakukand i lingkungaUn niversitaNs egeriM alang Penehtiainn i mempunyadi uav ariabeyl aitu variabeiln depende(nX ) dan variabedl epende'(nY ). Variabeld ependen(X ) penelitianin i adalahk omponen pelaku(X l ), komponena lur c,erita(X 2), komponens uasan(aX 3) dank omponen penun1a(nXg4 ) Sedangkavna riabedl epende(nY ) dalamp enelitiainn i adalah perilakuko nsumen. Datad iperolehm elaluir espondedne nganm enggunakaani at pengumpul datay angb erupaa ngket/kuesionterr tutup.S etelahm elaluip rosesp engolahan datad ana nalisids atar egresbi ergandma akad apadt iketahuhi asilp enelitianya ng rnenyatakabna hwa:( l) adap engaruha ntarak omponenp elakud alamt ayangan iklanp astag igi di televisit erhadapp enlakuk onsumenm ahasiswUa niversttas Negeri Malang dalarn membeli pasta gigi, (2) tidak ada pengaruh antara komponeanl ur ceritad alamt ayanganik lan pastag igi di televisit erhadapp erilaku konsutnern ahasisrvUan iversitasN egeri Malangd alarnm embelip astag igt, (3) adap enganrha ntarak omponens uasanad alarnt ayanganik lan pastag igi di televisi terhadapp eillaku konsumen mahasisrvaU niversitas Negeri Malang dalam mernbelpi astag igi, (4) tidak ada pengaruha ntarak omponenp enunjangd alam tayanganik lan pasta gigi di televisi terhadapp erilaku konsumen mahasiswa UniversitaNse geri Malang dalarnm ernbelip astag igi, (5) ada pengaruha ntara komponen pelaku, komponen alur cerita, komponen suasana dan komponen penunJandga lam tayangan iktan pasta gigi di televisi secara bersama-sama terhadap perilaku konsumen mahasiswa Universitas Negeri Malang dalam membeii pasta gigi, (6) dapat diketahui komponen tayangan iklan pasta gigi di televisi yang paling dominan pengaruhnya terhadap perilaku konsumen mahasisrvaU niversitas Negerr Malang dalarn membeli pasta glgi adalah komponens uasana. Saran yang bisa dikernukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selarnam elaksanakapne nelitiani ni adalah( 1) sarand itu.lukank epadap omasang iklan,b ahwa sebaiknyap ara pemasangik lan lebih mernperhatikanh al-hal yang disukaid an yang tidak disukai oleh pemirsa. Untuk menghasilkani klan yang intbrmatifs ebaiknyap emasangik lan harusm erancangik lan sedemikianr upa agar hal-hapl entingm engenapi rodLrkb rsad isarnpaikadna lam pesani klan dan bisa rnembenkanke sank epadap emirsa Sehinggapemirssae lalu ingat denganp roduk --vandgi tarvarkanm elalui iklan tersebut.D isampingi tu sudah saatnyap elnasang iklun n]e.uncang iklan di televisr yang kreatit', karena mengingat saat ini persainganik lan sudah semakin ketat dan pemirsanyas ernakins eleklif dalam menerima pesan. (2) saran ditu.;ukan kepada konsumen, bahwa konsumen sebaiknyale bih memperhatikank ualitas produk dalam menentukank eputusan untuk mmbeli suatu produk, karena dengan demikian konsumen tidak akan terttpu terhadapp roduk yang ditawarkano leh produsen.( 3) saranu ntuk penelitiany ang akan datang akan lebih baik jika melibatkan konsumen yang lebih luas lingkupnya, karena saat ini har-npir semua masyarakat dapat melihat tayangan ikland i tclevrsr .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2001 04:29
Last Modified: 09 Sep 2001 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28038

Actions (login required)

View Item View Item