Penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas XI Jurusan Pemasaran SMKN 2 Buduran Sidoarjo / Marreta Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas XI Jurusan Pemasaran SMKN 2 Buduran Sidoarjo / Marreta Sari

Sari, Marreta (2019) Penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas XI Jurusan Pemasaran SMKN 2 Buduran Sidoarjo / Marreta Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Marreta 2015. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Pada Kelas XI Jurusan Pemasaran SMKN 2 Buduran Sidoarjo). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Suharto SM. M.M. M.Pd. (2) Dr. Aniek Indrawati S. Si. M.M. Kata Kunci talking stick motivasi belajar hasil belajar komunikasi bisnis Model Talking Stick merupakan salah satu jenis dari metode dalam pembelajaran kooperatif. Salah satu keunggulan teknik ini adalah menguji kesiapan peserta didik dalam pembelajaran. Model pembelajaran ini mendorong siswa agar lebih giat belajar dan selalu fokus terhadap pembelajaran. Model Talking Stick ini sangat cocok diterapkan di kelas siswa dituntut fokus agar dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru sewaktu-waktu.- Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi beberapa kegiatan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMKN 2 Buduran Sidoarjo tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data penelitian diambil dari (1) observasi (2) wawancara (3) tes (4) angket (5) catatan lapangan dan (6) dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data mendeskripsikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif dapat dilihat dari perbandingan nilai pretest dan posttest. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari persentase keberhasilan siswa yaitu 55 06% (pretest) menjadi 79 27% (posttest) sedangkan pada siklus II persentase keberhasilan siswa yaitu 54 28% (pretest) menjadi 88 35% (posttest). Hasil belajar ranah afektif pada siklus I mengalami peningkatan dapat dilihat dari persentase rata-rata keberhasilan siswa diperoleh sebesar 63 04% menjadi 82 28%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar ranah afektif sebesar 73 90% menjadi 90 85%. Hasil analisis angket motivasi belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dapat dilihat dari persentase rata-rata keberhasilan siswa diperoleh sebesar 78 4%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil analisis angket motivasi belajar siswa sebesar 88 6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang dilaksanakan pada dua siklus (2) Penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis (3) Penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Hal ini dapat dibuktikan dari meningkatnya persentase keberhasilan hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif. Ranah kognitif pada siklus I mengalami peningkatan persentase keberhasilan siswa 55 06% (pretest) menjadi 79 27% (posttest) sedangkan pada siklus II persentase keberhasilan siswa 54 28% (pretest) menjadi 88 35% (posttest). Ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa pada siklus I dapat dilihat dari persentase keberhasilan sebesar 63 04% menjadi 82 28% dan pada siklus II sebesar 73 90% menjadi 90 85%. Hasil analisis angket motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II hasil analisis angket motivasi belajar siswa pada siklus I dapat dilihat dari persentase keberhasilan siswa sebesar 78 4% dan pada siklus II sebesar 88 6%. Saran yang bisa digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagi siswa Kelas XI Pemasaran disarankan lebih giat dalam mempelajari materi dan lebih serius saat berdiskusi memecahkan masalah agar saat sewaktu-waktu guru mengajukan pertanyaan lebih siap dan percaya diri saat menjawab (2) Bagi guru Mata Pelajaran Kewirausahaan diharapkan dalam melaksanakan penerapan model pembelajaran talking stick guru harus memperhatikan waktu karena pada saat pelaksanaan membutuhkan waktu yang banyak sebaiknya guru lebih memberikan motivasi kepada siswa untuk menyeselesaikan soal diskusi dan memahami materi yang akan digunakan dalam penerapan model pembelajaran talking stick supaya ketika sewaktu-waktu guru memberikan pertanyaan siswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menjawab dan (3) Bagi peneliti selanjutnya dalam penerapan model hendaknya memperhatikan penggunaan alokasi waktu agar penelitian dapat berjalan sesuai rencana sebaiknya menggunakan hukuman yang positif seperti menyanyi atau membaca puisi jika siswa salah dalam menjawab pertanyaan dan hindari dalam memberikan hukuman yang terlalu berat bagi siswa karena dapat membuat siswa gugup dan kondisi belajar menegangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28032

Actions (login required)

View Item View Item