Pengaruh efikasi diri dan dukungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa konsentrasi Bisnis dan Manajemen (BISMEN) SMK Muhammadiyah 2 Malang / Muhammad Dhikron Fadhli

Fadhli, Muhammad Dhikron (2019) Pengaruh efikasi diri dan dukungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa konsentrasi Bisnis dan Manajemen (BISMEN) SMK Muhammadiyah 2 Malang / Muhammad Dhikron Fadhli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadhli, Dhikron Muhammad. 2018. Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Konsentrasi Bisnis dan Manajemen (Bismen) SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Sopiah, M.Pd., M.M. (II) Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si. Kata kunci: efikasi diri, dukungan keluarga, minat berwirausaha Pengangguran semakin meningkat yang terdiri dari berbagai latar pendidikan. Salah satu lulusan terdidik yang menyumbang pengangguran adalah lulusan SMK yakni 23%. Oleh karena itu minat berwirausaha harus dikembangkan. Minat berwirausaha bisa ditumbuhkan salah satunya dengan meningkatkan efikasi diri dan dukungan keluarga. Efikasi diri berhubungan dengan keyakinan dalam diri melakukan berbagai macam tugas dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Dukungan keluarga akan mempengaruhi perkembangan perilaku dan pola pikir anak termasuk pilihan pekerjaan anak untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi efikasi diri, dukungan keluarga, dan minat berwirausaha; 2) pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha; 3) pengaruh dukungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu jenis penelitian ex-postfacto. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu efikasi diri (X1), dan dukungan keluarga (X2), dengan variabel terikatnya adalah minat berwirausaha (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa konsentrasi Bisnis dan Manajemen (Bismen) SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 94 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 77 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik probability sampling dengan systematic random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian adalah skala Likert dengan lima opsi jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Sebelum kuesioner digunakan untuk penelitian, kuesioner pada penelitian ini telah valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan masing-masing variabel dan uji analisis regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel efikasi diri siswa tergolong baik; 2) variabel dukungan keluarga siswa tergolong tinggi; 3) variabel minat berwirausaha siswa tergolong tinggi; 4) variabel efikasi diri menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa; 5) variabel dukungan keluarga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan: 1) bagi kepala sekolah, sebaiknya memberikan wadah kegiatan kewirausahaan yang lebih kreatif, memberikan dukungan secara ekonomi agar siswa termotivasi dan minat berwirausaha agar menjadi mandiri; 2) bagi guru, diharapkan selalu memotivasi siswanya untuk dapat mandiri dengan menjalankan suatu usaha, menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan bervariatif; 3) bagi siswa, sebaiknya siswa sering berlatih menyelesaikan tugas dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda sehingga keyakinan diri siswa terhadap kemampuannya meningkat, mengikuti pelatihan-pelatihan, dan mengikuti perkembangan dunia usaha yang ada disekitar siswa sehingga siswa semakin kreatif menciptakan peluang usahanya sendiri; 4) bagi orang tua, diharapkan orang tua selalu memberikan dorongan yang bersifat emosional, ekonomi, dan intelektual, memberikan tugas tentang kewirausahaan agar anak menjadi terbiasa dan kreatif; 5) bagi peneliti lain, disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa seperti kondisi lingkungan sekolah maupun masyarakat, pendidikan kewirausahaan, dan gender.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28031

Actions (login required)

View Item View Item