Pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif pemasaran (studi pada kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Malang) / Ragil Setyo Cahyono

Cahyono, Ragil Setyo (2018) Pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif pemasaran (studi pada kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Malang) / Ragil Setyo Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Cahyono, Setyo Ragil. 2018. Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif Pemasaran (Studi pada Kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dr. H. Agung Winarno, M.M, Pembimbing II: Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M, Kata Kunci: Minat Baca, Hasil Belajar Sekolah menengah kejuruan adalah suatu bentuk satuan pendidikan tingkat menengah yang diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan untuk mempersiapkan siswa memasuki lapangan pekerjaan dan mengembangkan sikap profesional. Minat baca adalah suatu rasa ketertarikan yang kuat untuk membaca literatur penunjang materi produktif pemasaran yang diukur dengan jenis bacaan yang dibaca, banyaknya waktu yang digunakan untuk membaca, kesadaran akan manfaat membaca, banyaknya bahan bacaan yang dibaca. SMK PGRI 3 Malang memiliki minat baca yang rendah khususnya jurusan Pemasaran yang berdampak pada hasil belajar peserta didiknya. Banyak peserta didik yang kurang membaca buku pelajaran disaat menjelang ujian sekalipun. Akibatnya banyak peserta didik tidak dapat mencapai nilai standar kompetensi minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif yang berguna untuk mengetahui variabel bebas terhadap variabel terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini dengan teknik sebar kuesioner, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang mencakup kuesioner yang disebar pada subyek penelitian, sedangkan data sekunder mencakup dokumen-dokumen yang sudah tersedia misalnya nilai ulangan harian dan nilai ujian tengah semester serta jumlah siswa kelas X pemasaran SMK PGRI 3 Malang. Dalam menjaga akurasi data penelitian ini menggunakan teknik Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik dan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini yaitu (1) Minat baca siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Malang menujukkan cukup baik dengan rata-rata prosentase 40% menjawab cukup setuju; (2) Hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Malang menunjukan cukup baik yaitu dalam prosentase rata-rata 55% dengan rentang nilai 70-80; (3) Pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Pemasaran SMK PGRI 3 Malang sangat berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi minat baca siswa maka semakin baik pula hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Malang. Berdasarkan temuan penelitian diatas, saran dari peneliti yaitu (1) Bagi sekolah hendaknya menambah fasilitas sarana prasarana serta buku-buku pelajaran maupun sumber lain yang berkaitan dengan tujuan menarik minat baca siswa; (2) Guru hendaknya memberikan dorongan kepada siswa agar minat baca dari siswa meningkat, baik membaca buku-buku mata pelajaran maupun sumber bahan ajar lainnya; (3) Siswa harus lebih aktif mencari bahan bacaan terkait ii pelajaran yang diajarkan dan tidak bergantung pada buku paket yang disediakan sekolah saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28030

Actions (login required)

View Item View Item