Penerapan model pembelajaran inside outside circle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan negosiasi (studi pada kelas X Pemasaran di SMK PGRI 3 Blitar) / Rizqaning Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inside outside circle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan negosiasi (studi pada kelas X Pemasaran di SMK PGRI 3 Blitar) / Rizqaning Kartika Sari

Sari, Rizqaning Kartika (2018) Penerapan model pembelajaran inside outside circle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan negosiasi (studi pada kelas X Pemasaran di SMK PGRI 3 Blitar) / Rizqaning Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Rizqaning Kartika. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Melakukan Negosiasi Kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M (II) Drs. Djoko Dwi K. M.Si. Kata Kunci Inside Outside Circle (IOC) motivasi dan hasil belajar. Model pembelajaran Inside Outside Circle adalah struktur yang dapat membuat siswa berbagi informasi dengan seluruh teman sekelas dengan cara yang menyenangkan yaitu siswa membentuk dua lingkaran konsentris. Model pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan dukungan motivasi dan belajar siswa. Kegiatan observasi yang telah dilakukan di kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran pada Standar Kompetensi Melakukan Negosiasi SMK PGRI 3 Blitar menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dengan menggunakan komunikasi satu arah kadang-kadang diselingi dengan metode tanya jawab dan diskusi respon siswapun masih terlihat kurang antusias dan bersemangat ketika mengikuti pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran di SMK PGRI 3 Blitar semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 24 siswa. Tahap dalam penelitian ini (1) perencanaan (2) pelaksanaan/ tindakan (3) observasi (4) refleksi disetiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal pre test dan post test (2) pedoman observasi guru (3) pedoman observasi hasil belajar aspek afektif (4) angket motivasi siswa (5) catatan lapangan (6) angket respon siswa. Analisis data penelitian meliputi tiga hal (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle pada Standar Kompetensi Melakukan Negosiasi kelas X Pemasaran di SMK PGRI 3 Blitar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle pada standar Kompetensi Melakukan negosiasi di kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran di SMK PGRI 3 Blitar mendapat respon yang positif dari siswa. Hal ini terbukti dari hasil angket respon siswa menyatakan sebagian besar siswa senang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu sebaiknya guru yang mengajar kompetensi keahlian pemasaran perlu menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle karena dapat melatih kemampuan siswa dalam berkomunikasi berani mengungkapkan ide dan pendapatnya meningkatkan aspek afektif siswa guru memberikan kesempatan secara luas kepada siswa untuk menyampaikan pendapat sehingga siswa dapat percaya diri sehingga dengan sendirinya motivasi belajar siswa akan meningkat. ABSTRACT Sari Rizqaning Kartika. 2013. Implementation Learning Model of Inside Outside Circle to Improve Student s motivation and Learning Outcomes on Standard Competence Negotiating of Class X Marketing SMK PGRI 3 Blitar. Sarjana s Thesis Program Study of Commerce Education Department of Management Faculty of Economics State University of Malang. Adviser (I) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M (II) Drs. Djoko Dwi K. M.Si. Keywords Inside Outside Circle (IOC) Motivation and Learning Outcomes. Inside Outside Circle learning model is a structure that can make students share information with all classmates in a fun way that students form two concentric circles. This learning model is expected to provide motivational support and student learning. Observation activities that have been done in class X Marketing Competence on Competency Standards Negotiate SMK PGRI 3 Blitar indicates that the learning process is still dominated by teachers by using one-way communication sometimes interspersed with the method of question and answer and discussion student responses still look less enthusiastic when following the lesson so that the learning outcomes can t be maximum for the students. This research uses qualitative approach and type of Classroom Action Research (CAR). Subjects in this study are all students of class X Marketing Competence in SMK PGRI 3 Blitar second semester of the academic year 2012/2013 with a total of 24 students. Phase in this study (1) planning (2) implementation / action (3) observation (4) reflections in each cycle. Instruments in this research are (1) pretest and post-test questions (2) teacher observation guidelines (3) guidelines for observation of learning outcomes affective aspects (4) questionnaire of student motivation (5) field notes (6) questionnaire of student response. Analysis of research data includes three things (1) data reduction (2) data presentation and (3) drawing conclusions. The results showed that the application of Inside Outside Circle learning model on the Competence Standards Negotiating class X Marketing in SMK PGRI 3 Blitar can improve motivation and student learning outcomes. Application of instructional model Inside Outside Circle on Competence standard Conducting negotiation in class X Marketing Skill Competence in SMK PGRI 3 Blitar got a positive response from the student. This is evident from the results of a questionnaire response students stated most students love to learn by using the Inside-Outside Circle learning model. Suggestions proposed in this research is that teachers should teach the competence of marketing skills need to apply the learning model Inside Outside Circle because it can train students ability to communicate confidence to express their ideas and opinions improve effective aspects of students teachers provide widespread opportunities for students to express opinions so students can be confident so that by itself the student s learning motivation will increase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28029

Actions (login required)

View Item View Item