Pengaruh efikasi diri dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha 9studi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kab. Malang) / Dimas Maulana Pamungkas

Pamungkas, Dimas Maulana (2018) Pengaruh efikasi diri dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha 9studi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kab. Malang) / Dimas Maulana Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Pamungkas, Dimas Maulana. 2017. Pengaruh Efikasi Diri dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas X SMK Muhamadiyah 3 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sopiah, M.Pd., M.M., (II) Drs. Mohamad Hari, M.Si Kata kunci: efikasi diri, hasil belajar, minat berwirausaha Efikasi diri memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan efikasi diri yaitu keberhasilan dan kegagalan pembelajar sebelumnya, pesan dari orang lain, kesuksesan dan kegagalan orang lain, serta kesuksesan dan kegagalan dalam kelompok yang lebih besar. Untuk menimbulkan kepercayaan terhadap kemampuan diri sendiri dalam menjalankan suatu usaha aspek yang dibutuhkan bagi lulusan SMK adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan dari hasil belajar. Sedangkan minat berwirausaha adalah rasa tertarik untuk menciptakan suatu usaha dengan kemampuan yang dimiliki dan berani mengambil resiko. Minat berwirausaha timbul karena adanya keinginan, perasaan senang, perhatian, lingkungan, dan pengalaman. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) kondisi efikasi diri, hasil belajar kewirausahaan, dan minat berwirausaha. (2) pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha. (3) pengaruh hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk ke dalam tipe penelitian penjelasan (explanatory research), karena bermaksud untuk menjelaskan pengaruh antar variabel, yaitu pengaruh efikasi diri, hasil belajar kewirausahaan dan minat berwirausaha. Populasi dari penelitian berjumlah 242 siswa dengan sampel 151 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Data yang diperoleh di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri dan hasil belajar tergolong baik, sedangkan minat berwirausaha tergolong tinggi. (2) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. (3) hasil belajar kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Disarankan bagi siswa agar bisa lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar berwirausaha dengan cara mengasah kewirausahaan teratur sehingga dapat meningkatkan minat berwirausaha, selain itu siswa sebaiknya siswa sering berlatih menyelesaikan tugas dengan tingkat kesulitan yang berbedabeda sehingga keyakinan diri siswa terhadap kemampuannya meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28028

Actions (login required)

View Item View Item