Pengaruh Kecerdasan Emosional(EQ) Dan, Motivasi Belajar Terhadap Hasil (Studi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Pupus Yuswadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Kecerdasan Emosional(EQ) Dan, Motivasi Belajar Terhadap Hasil (Studi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Pupus Yuswadi

Yuswadi, Pupus (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional(EQ) Dan, Motivasi Belajar Terhadap Hasil (Studi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Pupus Yuswadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuswadi Pupus. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional(EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil (Studi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ludiwishnu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M. (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc. Kata kunci kecerdasan emosional motivasi belajar hasil belajar Kecerdasan emosional dan motivasi belajar sangat diperlukan terutama bagi setiap siswa didalam belajar semua mata pelajaran karena melalui kecerdasan emosional dan motivasi belajar yang baik maka hasil belajarnya akan ikut baik. Tujuan penelitian (1) Deskripsi kecerdasan emosional dan motivasi belajar (2) Deskripsi hasil belajar siswa (3) Pengaruh kecerdasan emosional motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yaitu kecerdasan emosional ( ) motivasi belajar ( ) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang dengan jumlah 70 siswa. Pengambilan sampel dari keseluruhan siswa yang berjumlah 70 siswa. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan rentang 4 alternatif jawaban. Hasil belajar diklasifikasikan sangat tinggi ( 8805 91) tinggi (81-90) cukup tinggi (70-80) rendah (60-69) dan sangat rendah ( 8804 54-59). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari guru kurikulum tentang nilai siswa semua mata pelajaran kelas XI pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Kuesioner dan (2) Dokumentasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa (1) Kecerdasan emosional diklasifikasikan baik (2) Motivasi belajar diklasifikasikan baik (3) Hasil belajar diklasifikasikan tinggi. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar dari sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standardized Residul (2) Model regresi tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai VIF 0 10 (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar secara acak di atas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa (1) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa (2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 050. ii Peneliti menyarankan (1) Bagi sekolah sebaiknya lebih membangun kebiasaan disiplin siswa di lingkungan sekolah (2) Bagi guru sebaiknya memiliki kedekatan yang baik dengan siswa agar dapat menciptakan suasana belajar yang baik menambah variasi terkait model pembelajaran dan memotivasi siswa agar belajar dengan baik (3) Bagi siswa sebaiknya meningkatkan kegemaran membaca buku mata pelajaran mengulang materi pelajaran dan membiasakan belajar dengan rajin (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai variabel yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa seperti faktor kesehatan cacat tubuh perhatian bakat pengertian orang tua.Disamping itu juga disarankan untuk menggunakan skala Likert dengan 5 opsi yaitu Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28026

Actions (login required)

View Item View Item