Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen, Kabupaten Malang) / Fi Ihsan Ryantori - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen, Kabupaten Malang) / Fi Ihsan Ryantori

Ryantori, Fi Ihsan (2018) Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen, Kabupaten Malang) / Fi Ihsan Ryantori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Ryantori Fi ihsan. 2016. Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen Pada Mata Pelajran Kewirausahaan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Aniek Indrawati S.Si (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M . Kata Kunci minat belajar motivasi belajar dan hasil belajar siswa Hasil belajar sangat erat hubunganya dengan motivasi dan minat. Pentingnya motivasi karena motivasi adalah perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsic berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan lingkungan belajar yang kondusif dan kegiatan belajar yang menarik.Minat siswa terhadap pelajaran merupakan kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar dari dalam diri terhadap sesuatu. Siswa yang berminat (sikapnya senang) kepada pelajaran akan tampak terdorong terus untuk tekun belajar berbeda dengan siswa yang sikapnya hanya menerima kepada pelajaran. Mereka hanya tergerak untuk mau belajar tetapi sulit untuk bisa terus tekun karena tidak ada pendorongnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen pada mata pelajaran kewirausahaan (2) pengaruh motivasi belajar siswa kelas X SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen pada mata pelajaran kewirausahaan baik secara parsial dan simultan. Pendekatan riset dalam penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK 5 Muhamadiyah Kepanjen pada mata pelajaran kewirausahaan tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel penelitian sebanyak 114 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi dengan menggunakan teknik sampling yakni proporsional random samplingdan untuk mengetahui data terditribusi secara normal perlu menggunakan uji validitas reliabilitas uji asumsi klasik dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar sendiri merupakan keseluruhan nilai yang telah di capai oleh siswa setelah mengikuti proses belajar dan pembelajaran sedangkan diskripsi Minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap pelajaran dan diskripsi motivasi belajar yakni sebagai suatu pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang ke dalam bentuk suatu aktivitas nyata untuk mencapai hasil belajar (2) terdapat pengaruh positif signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK 5 Muhammadiyah kepanjen pada mata pelajaran kewirausahaan tahun ajaran 2015/2016. (3) Terdapat pengaruh positif signifikanmotivasibelajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK 5 Muhammadiyah kepanjen pada mata pelajaran kewirausahaan tahun ajaran 2015/2016 (4) Ada pengaruh positif yangv signifikan antara minat dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen. Guna mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal dari pihak siswa yang sudah mempunyai minat dan motivasi belajar yang tinggi harus lebih lagi dalam meningkatkan nilai-nilai yang mungkin masih kurang dan untuk pihak sekolah seiringan dengan peningkatan kualitas pembelajaran harus mampu memfasilitasi siswa-siswinya agar lebih berprestasi dan tinggi hasil belajarnya dan untuk orang tua sendiri adalah salah satu faktor eksternal terpenting yang menjadi terwujudnya sukses dari pembelajaran siswa/murid itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28025

Actions (login required)

View Item View Item