Analisis kepuasan pengguna lulusan alumni Program Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang / Affan Nursalam - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kepuasan pengguna lulusan alumni Program Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang / Affan Nursalam

Nursalam, Affan (2017) Analisis kepuasan pengguna lulusan alumni Program Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang / Affan Nursalam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nursalam Affan. 2016. Analisis Kepuasan Pengguna Lulusan Alumni Program Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si. (2) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.E. S.T. S.Pd. M.M. Kata Kunci kepuasan pengguna lulusan SMK Negeri 1 Jombang alumni program pemasaran Kepuasan pengguna merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia usaha dan industri begitu pula dengan pendidikan. Kepuasan pengguna akan lulusannya menjadi salah satu cara dalam memberikan penilaian mutu. SMK Negeri 1 Jombang merupakan lembaga pendidikan negeri yang memiliki Program Keahlian Pemasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan DUDI pengguna alumni program pemasaran SMK Negeri 1 Jombang mendeskripsikan kepuasan DUDI pengguna lulusan alumni program pemasaran SMK Negeri 1 Jombang dan menganalisis faktor kesenjangan antara kebutuhan DUDI dengan kurikulum program pemasaran SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research. Peneliti bertindak sebagai instrument sekaligus pengumpul data. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi metode dan sumber diskusi teman sejawat dan menggunakan bahan referensi (audio visual dan naskah). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama ada 4 kategori kebutuhan DUDI pengguna lulusan alumni program pemasaran SMK Negeri 1 Jombang yaitu penguasaan teknologi pelayanan pengetahuan produk dan skill. Kedua kepuasan DUDI pengguna lulusan didefinisikan sebagai perasaan senang dan puas karena harapan-harapannya terhadap kinerja dan kompetensi yang dimiliki alumni program pemasaran SMK Negeri 1 Jombang telah sesuai atau bahkan melebihi harapan dan kebutuhan yang diperlukan. DUDI dikatakan puas apabila antara harapan dengan hasil yang diberikan minimal sama atau lebih. Jika harapan lebih tinggi dari hasil maka DUDI dikatakan tidak puas. Ketiga Faktor-faktor yang menyebabkan kesenjangan bagi DUDI pengguna lulusan adalah faktor penguasaan teknologi dan skill yang dimiliki alumni. Faktor penguasaan teknologi berupa penguasaan software-software marketing sedangkan skill berupa etos kerja tanggung jawab dalam melaksanakan job description dan loyalitas kerja. Keempat berkaitan dengan kurikulum SMK dapat memasukkan penguasaan software-software marketing di dalam kompetensi-kompetensi yang sudah ada. Selain itu kesiapan dan etos kerja dari alumni dapat ditanamkan dan diajarkan seawal dan sesering mungkin. Karena hal ini nantinya juga untuk masa depan dan ketahanan para alumni dalam menghadapi dunia kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28024

Actions (login required)

View Item View Item