Pengembangan instrumen penilaian psikomotor berbasis projek pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Firda Amira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian psikomotor berbasis projek pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Firda Amira

Amira, Firda (2017) Pengembangan instrumen penilaian psikomotor berbasis projek pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Firda Amira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amira Firda. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Berbasis Projek Pada Mata Pelajaran Strategi Pemasaran (Studi pada Kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. (2) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M. Kata Kunci Penilaian Psikomotor PenilaianProjek Strategi Pemasaran. Penilaian dalam Kurikulum 2013 harus mengarah pada penilaian autentik yang menekankan pengukuran kompetensi siswa pada ranah sikap keterampilan dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil belajar siswa. Hasil wawancara dengan guru pemasaran mata pelajaran strategi pemasaran menunjukkan bahwa guru masih menekankan pada penilaian hasil belajar kognitif dan afektif yang belum sesuai dengan sistem penilaian kurikulum 2013 secara umum penilaian yang dilakukan tanpa menggunakan instrumen dan hanya didasarkan pada asumsi subjektif. Oleh karena itu dibutuhkan instrumen penilaian yang dapat memberikan penilaian terhadap psikomotorik siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan inia dalah untuk menghasilkan produk berupa instrumen penilaian psikomotor berbasis projek untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian psikomotor terhadap proses dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Strategi Pemasaran. Pengembangan penilaian ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut (1) studi kepustakaan (2) perencanaan (3) pengembangan instrumen (4) uji coba terbatas (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lebih luas (7) penyempurnaan produk akhir dan (8) desiminasi dan implementasi. Pengembangan ini dilakukan hanya sampai pada tahap kelima. Produk hasil pengembangan ini diuji coba melalui validasi isi dan uji coba terbatas. Validasi isi dilakukan oleh 2 dosen Manajemen dan 1 guru Pemasaran. Uji coba terbatas dilakukan melalui uji keterbacaan penilaian psikomotor yang dilakukan terhadap 20 siswa SMK. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa komentar kritik dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase. Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa instrumen penilaian psikomotor berbasis projek pada mata pelajaran strategi pemasaran kompetensi dasar straegi bauran pemasaran dalam bentuk cetak. Hasil validasi isi oleh validator ahli pada instrumen penilaian psikomotor memiliki persentase rata-rata 85% dengan kriteria kelayakan sangat layak . Sedangkan validasi soal projek membuat desain label memiliki persentase rata-rata 86% dengan kriteria kelayakan sangat layak . Hasil uji keterbacaan pada instrumen penilaian psikomotor brbasis projek dinyatakan sangat sesuai/sangat tepat digunakan dan sangat mudah dipahami bahasanya dengan persentase antara 81%-100%. Berdasarkan hasil validasi ahli serta uji coba terbatas menunjukkan bahwa secara umum instrumen penilaian psikomotor berbasis projek telah valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28022

Actions (login required)

View Item View Item