Tamam, Mohammad Badrut (2017) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi di kelas X AKT SMK Islamic Qon Gresik) / Mohammad Badrut Tamam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tamam Mohammad Badrut. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learningn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK ISLAMIC QON Gresik. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M. M. (2) Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc. Kata kunci Model pembelajaran Problem Based Learning hasil Belajar.Berdasarkan hasil wawancara kepada guru mata pelajaran Kewirausahaan yaitu Bapak Apri Sugian Hadi S.Pd pada tanggal 17 November 2016 diketahui bahwa guru SMK ISLAMIC QON GRESIK belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran. Di dukung dengan observasi yang dilakukan di SMK ISLAMIC QON GRESIK ketika peneliti melakukan observasi dapat diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru (teacher oriented) sehingga guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang secara mandiri. Dari masalah diatas maka perlu adanya suatu model pembelajaran yang lebih efektif dan tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran adalah pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek penelitian Kelas X Akuntansi yang jumlah seluruhnya 46 siswa. Penelitian ini menggunakan penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi pokok tentang mengaktualisasikan sikap dan prilaku usaha. Setiap siklus meliputi 4 tahap (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) 0bservasi (iv) refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitiandan pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa 1. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK ISLAMIC QON GRESIK berjalan dengan kondusif serta membuat siswa antusias. Terdapat 6 tahapan dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning diantaranya (1) Menyiapkan kartu jawaban dan kartu soal sesuai konsep (2) Membagikan kartu kepada siswa (3) Siswa mencari pasangan (4) Siswa maju ke depan bersama pasangannya (5) Memberi poin (6) Membuat kesimpulan. 2. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dari siklus I ke siklus II pada mata pelajaran Kewirausahaan pemasaran kelas X pemasaran di SMK ISLAMIC QON GRESIK dari data observasi pada tindakan aktivitas belajar melalui observasi mengalami peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar. 3. Ada beberapa faktor yang menghambat dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada Kewirausahaan di SMK ISLAMIC QON GRESIK yaitu siswa walaupun pada proses pembelajaran sangat kondusif namun ada beberapa siswa yang sibuk berbicara sendiri dengan teman sebangku. Saran yang dapat disampaikan peneliti yaitu yaitu siswa walaupun pada proses pembelajaran sangat kondusif namun ada beberapa siswa yang sibuk berbicara sendiri dengan teman sebangku. ABSTRAK Fadhlina Indah Nur Variasi Penambahan Daun Katuk (Sauropus androgynus) Pada Ransum Makanan Ayam Terhadap Produktivitas Telur. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Dharmawan M. Si. (II) Ir. Nugrahaningsih M. P. Kata kunci Ayam petelur Daun katuk Produksi telur Kualitas telur Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas ayam petelur adalah kecukupan nutrisi dan senyawa estradiol-17 946 benzoate yang dapat memicu pertumbuhan ovarium. Senyawa ini terkandung di dalam daun katuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penambahan tepung daun katuk pada ransum terhadap jumlah produksi dan kualitas telur. Penelitian ini merupakan eksperimental menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan konsentrasi campuran pakan. Perlakuan (P0) Pakan 100% (Kontrol) (PI) Pakan 7% Tepung daun katuk (PII) Pakan 9% Tepung daun katuk (PIII) Pakan 11% Tepung daun katuk dan (PIV) Pakan 13% Tepung daun katuk yang masing-masing ada 15 ulangan. Perlakuan dilakuakan pada ayam petelur berumur 105 hari sampai umur 154 hari. Data jumlah produksi telur dianalisis menggunakan Anava tunggal untuk mengetahui perbedaan penambahan tepung daun katuk terhadap jumlah produksi telur ayam petelur sedangkan data kualitas telur (berat telur berat kuning telur berat putih telur indeks telur indeks kuning telur dan indeks putih telur) ayam petelur dianalisis menggunakan Anava ganda dan apabila data signifikan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi penambahan tepung daun katuk pada ransum memberikan perbedaan yang nyata terhadap jumlah produksi telur berat telur berat kuning telur berat putih telur indeks kuning telur dan indeks putih telur ayam petelur sedangkan indeks telur tidak memberikan perbedaan yang nyata. ABSTRACT Fadhlina Indah Nur Variation of Katuk (Sauropus androgynus) Leaves Addition in the Ration Chiken Food on Egg Productivity. Sarjana s Thesis Department of Biology Faculty of Mathematics and Natural Sciences Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Drs. Agus Dharmawan M. Si. (II) Ir. Nugrahaningsih M. P. Keywords Hen Katuk Leaves Egg Production Egg s Quality One of the factors which affects the productivity of hens is the sufficient ammount of nutrition and estradiol-17 946 benzoate which can trigger ovarian development. This compound is contained in Katuk leaves. This study is aimed at acknowledging the effects of adding Katuk leaves flour to ration on the quantity of eggs production as well as the quality of the eggs. This study is an experimental study which uses complete randomized design (RAL) method with five treatments of different concentration of mixed food. These are Treatment (P0) 100% Food (Control) (PI) Food 7% Katuk leaves flour (PII) Food 9% Katuk leaves flour (PIII) Food 11% Katuk leaves flour and (PIV) Food 13% Katuk leaves flour. All of these treatments are repeated 15 times each. The treatments are conducted on hens of 105 days old until 154 days old. The data is analyzed using one-way ANNOVA for knowing the effect of adding Katuk leaves flour on the quantity of eggs production. Meanwhile the quality of the production (weight of hens eggs egg yolk s weight albumen s weight eggs index egg yolk s index and albumen s index) is analyzed using two-way ANNOVA and if the data is significant it is then proceeded by conducting Duncan testing. The results of this study show that the effect is positively significant towards the quantity of eggs production eggs weight egg yolk s weight albumen s weight egg yolk s index and albumen s index. Meanwhile the effect on eggs index does not show any significant difference.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |