Muttaqin, Reza (2017) Pengaruh hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha (studi pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Reza Muttaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muttaqin Reza. 2017. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Hari M.Si (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M Kata Kunci Hasil Belajar Lingkungan Keluarga Minat Berwirausaha Dalam penelitian ini minat berwirausaha siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi hasil belajar kewirausahaan lingkungan keluarga dan minat berwirausaha siswa adakah pengaruh hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif dengan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 153 siswa yang terdiri dari kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Diambil sampel sebanyak 111 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dibantu dengan menggunakan SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil dari penelitian sebagai berikut. (1) Hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen hasilnya adalah sangat tinggi dan peran dari lingkungan keluarga sudah cukup baik untuk menumbuhkan minat berwirausaha siswa. (2) Hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pengaruh positif dan signifikan antara secara parsial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan antara secara parsial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Dari penelitian ini dapat dikemukakan saran yaitu Bagi guru mata pelajaran pelajaran kewirausahaan tidak hanya teori namun perlu adanya studi kasus atau pun mendatangkan narasumber wirausaha sukses agar siswa memiliki minat berwirausaha. Bagi orangtua diharapkan peran orangtua dalam memberikan gambaran atau contoh sebaiknya yang dapat menarik minat dari siswa lebih sering mengangkat topik mengenai kewirausahaan dalam keluarga dan juga mendukung siswa untuk berani berwirausaha. ABSTRACT Muttaqin Reza. 2017. Effect of Learning Outcomes of Entrepreneurship and Family Environment to Interest Entrepreneurship (Study In Class XI Students at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Undergraduate Thesis. Study Program S-1 Commerce Education Department of Management Faculty of Economics. State University of Malang. Advisors (I) Drs. Mohammad Hari M.Si (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M Keywords Learning Outcomes Family Environment Interest Entrepreneurship In this research interest in student entrepreneurship is influenced by several factors such as learning outcomes of entrepreneurship subject and student family environment. Moreover statement of the problems in this research are (1) How is the description of the learning outcomes of entrepreneurship subjects family environment and student entrepreneurial interests (2) Is there any effect of learning outcome of entrepreneurship subject to student entrepreneurship interest (3) Is there any influence of family environment on student entrepreneurship interest This research uses quantitative approach and type descriptive analysis with explanatory research. The population in this study amounted to 153 students consisting of class XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.. Furthermore the samples of the research are 111 students chosen through simple random sampling technique. The data is then collected by using questionnaire and documentation. The last the data is analyzed by using descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis using SPSS 23.0 for Windows. Based on the results of data analysis it can be concluded that (1) The learning outcomes of entrepreneurship subjects from students of class XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen result is very high and the role of the family environment is good enough to foster interest in entrepreneurship students. (2) The outcomes of entrepreneurial learning have a positive and significant effect on the entrepreneurship interest of students in class XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) Family environment has a positive and significant effect partially on the interest of entrepreneurship of students of class XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. From this research can be put forward the suggestion that is For entrepreneurship subject teachers should not only be theory but need case study or even bring a successful entrepreneurial resource so that students have interest in entrepreneurship. For the parents It is hoped that the role of parents in providing a picture or example of the best that can attract student entrepreneurship interests should more often raise the topic of entrepreneurship in the family and also support students to dare to entrepreneurship.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |