Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Ruswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Ruswanto

Ruswanto (2017) Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Ruswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ruswanto. 2017. Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M. (II) Drs. Muhammad Hari M.Si Kata Kunci Motivasi Belajar Kebiasaan Belajar Hasil Belajar Hasil belajar siswa umumnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam penelitian ini ada dua faktor yang diuji dan diduga mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu motivasi belajar dan kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi motivasi belajar kebiasaan belajar dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah motivasi belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sebanyak 117 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 90 siswa. Teknik sampling dalam penelitian adalah probability sampling dengan jenis proportionate random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen memiliki motivasi belajar yang sangat baik (4 31) memiliki kebiasaan belajar yang sangat baik (4 29) dan memiliki hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan yang tergolong cukup dengan nilai antara 75-79. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Peneliti menyarankan (1) Bagi guru mampu mendorong siswa untuk rajin belajar dan diharapkan meberikan tugas untuk siswa agar siswa terbiasa belajar (2) Bagi siswa siswa mampu memotivasi diri dan membiasakan belajar dengan baik dan mampu menjadikan kebiasaan sebagai penyebab atas terjadinya apa yang dilakukan (3) Bagi penelitian selanjutnya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang motivasi dan kebiasaan belajar siswa dan variabel lainya yang diperkirakan sangat besar pengaruhnya pada hasil belajar. ABSTRACT Ruswanto.2017. The Influence of Motivation and Study Habits toward students Learning Achievement on entrepreneur lesson of class XII Muhammadiyah 5 Kepanjen Vocational High. School essay Department of Management Faculty of Economics University of Malang. Preceptor(s) (I) Dr. Sopiah M.Pd. M.M (II) Drs. Muhammad Hari M.Si. Keywords Motivation Study Habits Learning Achievement The student learning achievement is influenced by two factors those are internal and external factor. In this research there are two factors tested and thought to affect student learning achievement such as motivation to learn and study habits. This research aims to know (1) Description of learning motivation study habits and learning achievement. (2) The influence of learning motivation to learning achievement of Entrepreneur Lesson on class XII Muhammadiyah 5 Kepanjen Vocational High School. (3) The influence of study habits to learning achievement of Class XII on Entrepreneur Lesson in Muhammadiyah 5 Kepanjen Vocational High School. This Research to use quantitative approach using descriptive statistical analysis test classical assumption and multiple linear regression analysis. The Independent variable from this Research is motivation (X1) and learning habit (X2) with dependent variable is learning achievement. The population from this research is student class XII Muhammadiyah 5 Kepanjen Vocation High School as much 117 students with sample that used as much 90 stundents. Sampling technique in the research is Probability Sampling with type propotionate random sampling. Instrument in this Research is documentation and questioner. This research result is students class XII in Muhammadiyah 5 Kepanjen Vocation High School have very good motivation (4 31) have a very good study habits (4.29) and have learning outcome Entrepreneur Lesson are good classified with score between 76-90. Based on the achievement of regression analysis can be known that (1) There are positive influence and significant learning motivation Toward students learning achievement. There is a positive and significant effect study habit to student learning achievement. Researcher to propose (1) For teachers able to encourage students to study diligently and is expected to give the task for students so that students are accustomed to learn (2) For students students are able to motivate themselves and familiarize learning well and able to make the habit as the cause of the occurrence of what is done (4) for next researcher it is necessary to do further research about students learning motivation and study habits and other variables that are expected to be very big influence on learning achivement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28019

Actions (login required)

View Item View Item