Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar / Muhammad Haris Taufiqurrahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar / Muhammad Haris Taufiqurrahman

Taufiqurrahman, Muhammad Haris (2017) Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar / Muhammad Haris Taufiqurrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taufiqurrahman Muhammad Haris. 2016. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu).Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Sopiah M.Pd. M.M (II)Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Efikasi Diri Motivasi Belajar Hasil Belajar Hasil belajar siswa umumnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor internal tersebut diantaranya adalah efikasi diri dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi hasil belajar efikasi diri dan motivasi belajar siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Boyolangu (2) Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatoryresearch. Instrumenpenelitian ini berupa kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 70 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu. Peneliti menyarankan untuk (1) guru agar menggunakan metode belajar yang sesuai dengan kecakapan siswa dalam mempelajari memahami materi dan membuat siswa termotivasi untuk belajar lebih baik lagi agar siswa bisa memperoleh hasil belajar yang lebih optimal untuk (2) siswa agar meningkatkan kecakapannya serta lebih memanfaatkan waktu luang lebih baik lagi agar memperoleh hasil belajar yang optimal untuk (3) peneliti selanjutnya agar memperluas kajian penelitian dengan menganalisis variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar misalnya saja variabel kecerdasan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28018

Actions (login required)

View Item View Item