Kesiapan guru tentang media pembelajaran online di masa pandemi covid-19 SMK Negeri 1 Turen / Elida Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan guru tentang media pembelajaran online di masa pandemi covid-19 SMK Negeri 1 Turen / Elida Putri

Putri, Elida (2022) Kesiapan guru tentang media pembelajaran online di masa pandemi covid-19 SMK Negeri 1 Turen / Elida Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesiapan guru sangat amat penting dalam dunia pendidikan. Pada masa pandemic penggunaan media pembelajaran online sangat diperlukan untuk menunjangnya keberlangsungan proses belajar dan mengajar antara peserta didik dan pendidik. Media pembelajaran online menjadi alternatif di masa pandemi yang mana semua kegiatan dilakukan dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam menyiapkan media pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan angket untuk pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah guru SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 79 pengambilan sampel dengan teknik total sampling yaitu jumlah sampel sama dengan populasi. Hasil uji validitas dengan r tabel 0.404 dinyatakan 19 butir pernyataan valid hasil uji reliabilitas instrumen penelitian ini yaitu 0.759. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dalam menganalisis seluruh data dari responden. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sangat siap dalam kesiapan tentang media pembelajaran online dikaji dari 4 faktor yaitu (1) Kesiapan ditinjau dari faktor teknologi (2) Kesiapan ditinjau dari faktor inovasi (3) Kesiapan ditinjau dari faktor manusia (4) Kesiapan ditinjau dari faktor pengembangan diri. Serta saran yaitu Guru yang masih kesulitan untuk mengikuti perubahan dan inovasi dalam proses pembelajaran diharapkan mampu mengikuti kemajuan teknologi di dunia pendidikan dan juga guru yang masih belum percaya diri dalam meningkatkan kemampuan belajar siswanya diharapkan dapat mengembangkan atau memperbaiki pola pengajarannya agar siswa menjadi lebih terlibat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/280145

Actions (login required)

View Item View Item