Perbandingan penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan PBL (Problem Based Learning) terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran pemasaran online siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Agnes Dini Mardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan PBL (Problem Based Learning) terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran pemasaran online siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Agnes Dini Mardani

Mardani, Agnes Dini (2016) Perbandingan penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan PBL (Problem Based Learning) terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran pemasaran online siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Agnes Dini Mardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardani A.D. 2016. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Dengan PBL (Problem Based Learning) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemasaran Online Siswa Kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Manajemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Titis Shinta Dhewi S.P M.M (II) Dr.Ludi Wishnu Wardana S.T S.Pd S.E M.M Kata kunci model pembelajaran hasil belajar. Pembangunan dalam dunia pendidikan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat bersaing dalam dunia usaha yang semakin lama semakin berkembang. Pembaharuan pada proses pendidikan pada umumnya dititikberatkan pada strategi mengajar karena menggunakan model pembelajaran yang tepat merupakan bagian terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran yang perlu dilakukan guru secara berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran PjBL dengan PBL untuk peningkatan hasil belajar siswa (2) penilaian ranah afektif kognitif dan psikomotor (3) perbedaan hasil belajar menggunakan model PjBL dengan PBL untuk peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas X PM 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X PM 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu (1) tes untuk pretes dan postest yang digunakan untuk menentukan penilaian ranah kognitif (2) lembar observasi afektif (3) lembar penilaian proses untuk ranah psikomotorik. Uji coba instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan (1) uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas (2) uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pengamatan penilaian afektif siswa diperoleh bahwa secara umum terjadi peningkatan hasil sikap serta perhatian siswa selama proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Sedangkan pembelajaran dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sedikit berubah dan tidak konsisten. Untuk hasil pengamatan psikomotorik siswa diperoleh bahwa secara umum terjadi peningkatan kompetensi maupun kemampuan praktikum siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Sedangkan pembelajaran dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan kompetensi pembelajaran dengan strategi pembelajaran PjBL ( Project Based Learning) yang lebih baik. Perbedaan diukur dari gain score (penilaian akhir dikurangkan dengan kemampuan awal). Hasil analisis dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dan model PBL (Problem Based Learning) dilaksanakan dengan baik sesuai sintaks pembelajaran (2) penilaian kognitif siswa memiliki perbedaan dan kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol (3) penilaian hasil afektif siswa memiliki perbedaan dan pada penerapan model pembelajaran PjBL lebih baik dibandingkan model pembelajaran PBL (4) penilaian hasil psikomotorik siswa secara umum terjadi perbaikan dan peningkatan nilai siswa dengan baik. Pada saat pelaksanaan proyek dari segi pemahaman untuk model pembelajaran PjBL lebih baih dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL (5) peningkatan hasil pembelajaran untuk menentukan perbedaan model pembelajaran diperoleh hasil belajar siswa menggunakan model PjBL dan PBL memiliki perbedaan. Peneliti menyarankan (1) bagi guru dapat menggunakan model pembelajaran PjBL dan PBLsebagai bahan pertimbangan untuk membuat siswa aktif dalam kegiatan belajar (2) bagi sekolah sebaiknya mengembangkan model pembelajaran PjBL dan PBL untuk materi pokok yang berbeda dengan pertimbangan pengelolaan kelas yang lebih baik dan seefisien mungkin (3) bagi siswa diharapkan lebih serius dalam proses belajar dan mampu memahami materi yang diajarkan karena guru berusaha keras untuk melakukan inovasi pembelajaran untuk hasil belajar yang lebih memuaskan (4) bagi peneliti yang akan menggunakan model pembelajaran PjBL dan PBL disarankan maenggunakan dan mengembangkan cara belajar tersebut pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28010

Actions (login required)

View Item View Item