Pengaruh implementasi pendidikan karakter di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X dan XI pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Putri Yumira Norin Pohan

Pohan, Putri Yumira Norin (2016) Pengaruh implementasi pendidikan karakter di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X dan XI pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Putri Yumira Norin Pohan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pohan, P. Y. N. 2016. PengaruhImplementasiPendidikanKarakter Di SekolahTerhadapPrestasiBelajarSiswa(StudiPadaSiswaKelas X dan XI Pada Mata PelajaranPrakaryadanKewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi, JurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. GatotIsnani, M. Si., (II) Dr. WeningPatmiRahayu, S.Pd., M.M. Kata Kunci: pendidikankarakter, prestasibelajarsiswa Pendidikan moral danetikasaatinimulaidikembangkanolehpemerintahmelaluipendidikankarakter yang diterapkan di sekolah.Pendidikankarakterperludiperhatikanolehsetiap guru gunamenciptakansiswadansiswi yang berahklakmulia, sesuaidengantujuanpendidikankarakter yang diberikankepadasiswa.Denganadanyapengimplementasiandari guru terhadapsiswatentangpendidikanberkarakter, secaratidaklangsungsiswaakanterbiasamengikutiapa yang telahditerapkanoleh guru.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: (1) Deskripsiimplementasipendidikankarakterdisiplin; (2) Deskripsiimplementasipendidikankarakterbertanggungjawab; (3) Deskripsiimplementasipendidikankarakterpercayadiri; (4) Pengaruhimplementasipendidikankarakterdisiplin, implementasipendidikankarakterbertanggungjawab, danimplementasipendidikankarakterpercayadirisecaraparsialdansimultanterhadapprestasibelajarsiswa. Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisstatistikdeskriptifdanujikorelasi. Variabelbebaspadapenelitianiniadalahimplementasipendidikankarakteraspekdisiplin (X1), implementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawab (X2), danimplementasipendidikankarakteraspekpercayadiri (X3), denganvariabelterikatadalahprestasibelajarsiswa (Y). Populasipadapenelitianiniadalahsiswakelas X dan XI di SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 163 siswadengansampel 111 siswa. Pengambilansampelinidigunakanteknikproportional random sampling.SkaladalampenelitianiniadalahskalaLikertdengan5 opsiyaituSelalu, Sering, Kadang-kadang, HampirTidakPernah, danTidakPernah. Sumber data yang digunakanadalah data primer yang berasaldariresponden. Teknikpengumpulan data menggunakankuesionerdandokumentasi. Ujikelayakaninstrumendilakukanujivaliditasdanreliabilitas.Analisis data padapenelitianinimenggunakananalisis data statistikdeskriptifdananalisisregresiberganda.Sebelumdilakukananalisisregresi linear berganda, dilakukanujiasumsiklasikyaituujinormalitas, multikolinearitas, danheteroskedastisitas.Denganmenggunakanbeberapaasumsi yang harusdipenuhisehinggapersamaanregresi yang dilakukanakan valid jikadigunakanuntukmenarikkesimpulan. Hasilujiasumsiklasikmenunjukkanbahwa: (1) Model regresimemenuhiasumsinormalitasterlihatdarititik-titikmenyebar di sekitardanmengikutigaris diagonal padagambargrafikP-P Plot of Regression Standardized Residual; (2) Model regresitidakterjadimultikolinearitas yang terlihatpadanilai VIF < 10 danmempunyaiangkaTolerance > 0,10; (3) Model regresitidakterjadiheteroskedastisitasterlihatpadagambargrafikscatterplot yang tidakmembentuksuatupolatertentudanmenyebarsecaraacak di atasdan di bawahangka 0 padasumbu Y. Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa: (1) Implementasipendidikankarakteraspekdisiplindiklasifikasikansangatbaik; (2) Implementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawabdiklasifikasikansudahbaik; (3) Implementasipendidikankarakteraspekpercayadiridiklasifikasikansudahbaik. Sedangkanhasilujihipotesismenunjukkanbahwa: (1) Tidakterdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekdisiplinterhadapprestasibelajarsiswa; (2) Tidakterdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawabterhadapprestasibelajarsiswa; (3) Terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekpercayadiriterhadapprestasibelajarsiswa. Kesimpulanpadapenelitianini: (1)Berdasarkanhasilanalisisstatistikdeskriptifimplementasipendidikankarakteraspekdisiplin, implementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawab, danimplementasipendidikankarakteraspekpercayadiridengan rata-rata skorvariabeldapatdikategorikanbaik;(2) Terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekpercayadirisecaraparsialterhadapprestasibelajarsiswa; (3) Tidakterdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekdisiplindanimplementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawabsecaraparsialterhadapprestasibelajarsiswa; (4) Terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekdisiplin, implementasipendidikankarakterbertanggungjawab, danimplementasipendidikankarakterpercayadirisecarasimultanterhadapprestasibelajarsiswa;Berdasarkanhasilpenelitianini, penelitimenyarankan: (1) Kepadapara guru di sekolah agar lebihmengenalkanpendidikankarakterkepadasiswadanmenerapkannyakarenamasihadasiswa yang belummengetahuitentangpenjelasandanbelumbisamenerapkanpendidikankarakterpadadirisiswa; (2) Kepadaparasiswa di sekolah agar dapatmemperhatikantentangpentingnyadanmenerapkanpendidikankaraktergunadapatmenunjangprestasibelajarsiswa; (3) Saran berikutnyaditujukankepadapeneliti yang tertarikmelanjutkanpenelitianini, sebaiknyaperludilakukanpenelitianlebihlanjuttentangvariabel-variabelpendidikankarakter yang berhubungandenganprestasibelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28009

Actions (login required)

View Item View Item