Pengaruh implementasi pendidikan karakter di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X dan XI pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Putri Yumira Norin Pohan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi pendidikan karakter di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X dan XI pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Putri Yumira Norin Pohan

Pohan, Putri Yumira Norin (2016) Pengaruh implementasi pendidikan karakter di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X dan XI pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Putri Yumira Norin Pohan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pohan P. Y. N. 2016. PengaruhImplementasiPendidikanKarakter Di SekolahTerhadapPrestasiBelajarSiswa(StudiPadaSiswaKelas X dan XI Pada Mata PelajaranPrakaryadanKewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. GatotIsnani M. Si. (II) Dr. WeningPatmiRahayu S.Pd. M.M. Kata Kunci pendidikankarakter prestasibelajarsiswa Pendidikan moral danetikasaatinimulaidikembangkanolehpemerintahmelaluipendidikankarakter yang diterapkan di sekolah.Pendidikankarakterperludiperhatikanolehsetiap guru gunamenciptakansiswadansiswi yang berahklakmulia sesuaidengantujuanpendidikankarakter yang diberikankepadasiswa.Denganadanyapengimplementasiandari guru terhadapsiswatentangpendidikanberkarakter secaratidaklangsungsiswaakanterbiasamengikutiapa yang telahditerapkanoleh guru.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui (1) Deskripsiimplementasipendidikankarakterdisiplin (2) Deskripsiimplementasipendidikankarakterbertanggungjawab (3) Deskripsiimplementasipendidikankarakterpercayadiri (4) Pengaruhimplementasipendidikankarakterdisiplin implementasipendidikankarakterbertanggungjawab danimplementasipendidikankarakterpercayadirisecaraparsialdansimultanterhadapprestasibelajarsiswa. Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisstatistikdeskriptifdanujikorelasi. Variabelbebaspadapenelitianiniadalahimplementasipendidikankarakteraspekdisiplin (X1) implementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawab (X2) danimplementasipendidikankarakteraspekpercayadiri (X3) denganvariabelterikatadalahprestasibelajarsiswa (Y). Populasipadapenelitianiniadalahsiswakelas X dan XI di SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 163 siswadengansampel 111 siswa. Pengambilansampelinidigunakanteknikproportional random sampling.SkaladalampenelitianiniadalahskalaLikertdengan5 opsiyaituSelalu Sering Kadang-kadang HampirTidakPernah danTidakPernah. Sumber data yang digunakanadalah data primer yang berasaldariresponden. Teknikpengumpulan data menggunakankuesionerdandokumentasi. Ujikelayakaninstrumendilakukanujivaliditasdanreliabilitas.Analisis data padapenelitianinimenggunakananalisis data statistikdeskriptifdananalisisregresiberganda.Sebelumdilakukananalisisregresi linear berganda dilakukanujiasumsiklasikyaituujinormalitas multikolinearitas danheteroskedastisitas.Denganmenggunakanbeberapaasumsi yang harusdipenuhisehinggapersamaanregresi yang dilakukanakan valid jikadigunakanuntukmenarikkesimpulan. Hasilujiasumsiklasikmenunjukkanbahwa (1) Model regresimemenuhiasumsinormalitasterlihatdarititik-titikmenyebar di sekitardanmengikutigaris diagonal padagambargrafikP-P Plot of Regression Standardized Residual (2) Model regresitidakterjadimultikolinearitas yang terlihatpadanilai VIF 10 danmempunyaiangkaTolerance 0 10 (3) Model regresitidakterjadiheteroskedastisitasterlihatpadagambargrafikscatterplot yang tidakmembentuksuatupolatertentudanmenyebarsecaraacak di atasdan di bawahangka 0 padasumbu Y. Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa (1) Implementasipendidikankarakteraspekdisiplindiklasifikasikansangatbaik (2) Implementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawabdiklasifikasikansudahbaik (3) Implementasipendidikankarakteraspekpercayadiridiklasifikasikansudahbaik. Sedangkanhasilujihipotesismenunjukkanbahwa (1) Tidakterdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekdisiplinterhadapprestasibelajarsiswa (2) Tidakterdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawabterhadapprestasibelajarsiswa (3) Terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekpercayadiriterhadapprestasibelajarsiswa. Kesimpulanpadapenelitianini (1)Berdasarkanhasilanalisisstatistikdeskriptifimplementasipendidikankarakteraspekdisiplin implementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawab danimplementasipendidikankarakteraspekpercayadiridengan rata-rata skorvariabeldapatdikategorikanbaik (2) Terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekpercayadirisecaraparsialterhadapprestasibelajarsiswa (3) Tidakterdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekdisiplindanimplementasipendidikankarakteraspekbertanggungjawabsecaraparsialterhadapprestasibelajarsiswa (4) Terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraimplementasipendidikankarakteraspekdisiplin implementasipendidikankarakterbertanggungjawab danimplementasipendidikankarakterpercayadirisecarasimultanterhadapprestasibelajarsiswa Berdasarkanhasilpenelitianini penelitimenyarankan (1) Kepadapara guru di sekolah agar lebihmengenalkanpendidikankarakterkepadasiswadanmenerapkannyakarenamasihadasiswa yang belummengetahuitentangpenjelasandanbelumbisamenerapkanpendidikankarakterpadadirisiswa (2) Kepadaparasiswa di sekolah agar dapatmemperhatikantentangpentingnyadanmenerapkanpendidikankaraktergunadapatmenunjangprestasibelajarsiswa (3) Saran berikutnyaditujukankepadapeneliti yang tertarikmelanjutkanpenelitianini sebaiknyaperludilakukanpenelitianlebihlanjuttentangvariabel-variabelpendidikankarakter yang berhubungandenganprestasibelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28009

Actions (login required)

View Item View Item