Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja dalam pembelajaran produktif pemasaranmapel penataan barang dagangan (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMKN 1 Turen Kabupaten Malang) / Eka Heru Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja dalam pembelajaran produktif pemasaranmapel penataan barang dagangan (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMKN 1 Turen Kabupaten Malang) / Eka Heru Saputra

Saputra, Eka Heru (2016) Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja dalam pembelajaran produktif pemasaranmapel penataan barang dagangan (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMKN 1 Turen Kabupaten Malang) / Eka Heru Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputra Eka Heru. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja pada Pembelajaran Produktif Pemasaran Mapel Penataan Barang Dagang (Studi pada XI Pemasaran SMKN 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.WeningPatmiRahayu S.Pd. M.M (2) Dr.MadziatulChuriyah S.Pd. M.M. Kata kunci Instumenpenilaian autentik berbasiskinerja pemasaran penataanbarangdagang Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanprodukberupainstrumenpenilaianautentikberbasiskinerjauntukmempermudah guru dalammelakukanpenilaiansecaraautentikterhadap proses danhasilbelajarsiswapadaMata PelajaranPenataanBarangDagang. Penelitiandanpengembanganinstrumenpenilaianinimenggunakan model Model R D menurut Borg dan Gall. Adapuntahap-tahapdalam model pengembangan model R D menurut Borg dan Gall yaitu (1)Penelitiandanpengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangandrafproduk (4) Ujicobalapanganawal (5) Revisihasilujicoba (6) Ujicobalapangan (7)Penyusunanprodukhasilujicobalapangan (8) Ujipelaksanaanlapangan (9) Penyempurnaanprodukakhir (10) Desiminasidanimplementasi.Pengembanganinstrumenpenilaianinihanyasampaipadatahapkelima. Produkhasilpengembangandivalidasimelalui1 ahlivalidasiisi 2 ahlivalidasikonstruk danujicobaterbatasinstrumenpenilaianuntukmengetahuikepraktisandanketerbacaaninstrumenpenilaianterhadap 12 siswa SMK. Instrumenpengumpulan data menggunakanangket. Jenis data yang diperolehberupa data kuantitatifdankualitatif. Data kuantitatifberupaskorpenilaiandariangketdan data kualitatifberupakomentardan saran. Teknikanalisis data yang digunakanadalahperhitunganpersentase. Produkhasilpenelitiandanpengembanganberupainstrumenpenilaianautentikberbasiskinerjapadapembelajaranproduktifpemasaranmapelpenataanbarangdagangandalambentukcetak. Hasilvalidasiisimenunjukanbahwainstrumenpenilaianpengetahuanmemilikipersentase rata-rata 100% dengankriteriakelayakan layak instrumenpenilaianketrampilanmemilikipersentase rata-rata 100% dengankriteriakelayakan layak daninstrumenpenilaiansikapmemilikipersentase rata-rata 100% dengankriteriakelayakan layak . Sedangkanvalidasikonstrukmenunjukanbahwainstrumenpenilaianpengetahuanmemilikipersentase rata-rata 97 5% dengankriteriakelayakan layak instrumenpenilaianketrampilanmemilikipersentase rata-rata 97 9% dengankriteriakelayakan layak daninstrumenpenilaiansikapmemilikipersentase rata-rata 96 42% dengankriteriakelayakan layak .Hasilujicobaterbatasmenunjukanbahwatanggapanguru terhadapkeprakrisaninstrumenpenilaianmemilikipersentase 95% dengankriteria mudahdigunakan danketerbacaanlembarkerjasiswamemilikipersentase 92 2% dengankriteria mudahdigunakan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28008

Actions (login required)

View Item View Item