Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajare siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Elvida Nindi Febriastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajare siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Elvida Nindi Febriastuti

Febriastuti, Elvida Nindi (2016) Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajare siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Elvida Nindi Febriastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nindi Febriastuti Elvinda. 2016. Pengaruh Efikasi Diri (Self-efficacy) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga FE. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M (II) Dr. Titis Shinta Dhewi S.P. M.M. Kata kunci Efikasi diri (Self-efficacy) Motivasi belajar Hasil belajar siswa. Pendidikan sangat penting karena pada masa kini pendidikan diutamakan dan harus memiliki kelebihan dari sisi pengetahuan sikap maupun perilaku yang lebih dari yang lain selain itu juga modal untuk menghadapi persaingan serta bekal untuk kelangsungan hidup manusia akan tetapi perkembangan dalam dunia pendidikan di negara Indonesia masih belum bisa dikatakan baik karena proses belajar dan pembelajaran antara guru dan murid masih dihadapkan oleh gejala-gejala yang kadang ditimbulkan oleh guru terkadang juga dari murid tapi kebanyakan dari sisi murid ketika dijelaskan oleh guru murid hanya bermalas-malasan dan mendengar tanpa mau bertanya sesuatu yang asing bagi siswa tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1). Bagaimana deskripsi efikasi diri motivasi belajar dan hasil belajar di SMK Cendika Bangsa Kepanjen (2). Adakah pengaruh antara efikasi diri dan hasil belajar (3). Adakah pengaruh antara motivasi belajar dan hasil belajar (4). Apakah berpengaruh secara simultan efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar . Rancangan penelitian ini menggunakan strategi kuantitatif. Populasi penelitian ini siswa kelas X di SMK Cendika Bangsa Kepanjen dengan jumlah 220 siswa sampel sebesar 142 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi berganda untuk mengetahui deskripsi variable X1 yaitu efikasi diri X2 motivasi belajar dan Y hasil belajar serta menentukan adatidaknya pengaruh antara variable X1 yaitu efikasi diri dan X2 motivasi belajar terhadap Y hasil belajar secara parsial maupun simultan. Instrument yang digunakan adalah angket atau kuisioner dan dokumentasi berupa nama seluruh siswa kelas X di SMK Cendika Bangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskripsi efikasi diri termasuk dalam kategori cukup baik motivasi belajar dalam kategori baik dan hasil belajar siswa tergolong cukup baik efikasi diri dan motivasi belajar secara parsial mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 0 045 dan 0 036 akan tetapi efikasi diri dan motivasi tidak berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa diketahui bahwa koefisien determinasi (Adjusted R square) sebesar 0 026 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh efikasi diri (self-efficacy) (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar(Y) adalah 0 026 atau 2 6 %. Artinya 2 6 % hasil belajar siswa ditentukan oleh efikasi diri dan hasil belajar. Sedangkan sisanya 97 4% atau 0 974 hasil belajar ditentukan oleh variabel diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28007

Actions (login required)

View Item View Item