Pengembangan media pembelajaran adobe flash CS6 pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan untuk meningkatkan keterampilan vikasional siswa kelas XI Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang / Sony Andika

Andika, Sony (2016) Pengembangan media pembelajaran adobe flash CS6 pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan untuk meningkatkan keterampilan vikasional siswa kelas XI Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang / Sony Andika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andika, Sony. 2016, Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa Kelas XI Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M, (II) Drs. Mohamaad Hari, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6, Keterampilan Vokasional Pendidikan memiliki peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, kerena pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan sumber daya manusia. Keberhasilan belajar siswa di sekolah tidak bisa lepas dari peran tenaga pendidik yang mampu memanfaatkan alat-alat yang telah disediakan sekolah seperti perpustakaan, laboratorium komputer, LCD projector, untuk memper mudah guru dalam penyampaian materi kepada siswa pada proses belajar mengajar. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan penting dalam penyampaian pesan kepada siswa. Adobe Flash CS6 merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya, yakni Adobe Flash CS5. Kelebihan Adobe Flash CS6 mampu membuat dan mengolah teks maupun objek dengan efek dua dimensi yang handal dan ringan sehingga hasilnya tampak lebih menarik. Selain itu Flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website dan CD Interaktif Tujuan dari penelitian dan pengembangan yaitu (1) menghasilkan produk media pembelajaran yang berupa CD Interaktif berbasis Adobe Flash CS6 yang layak untuk mendukung proses pembelajaran di kelas XI Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang, (2) menerapkan media pembelajaran CD Interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada KD 3.4 memahami desain produk dan pengemasan karya kerajinan dari bahan keras berdasarkan konsep berkarya dan peluang usaha dengan pendekatan budaya setempat dan KD 4.5 mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan dari bahan keras berdasarkan konsep berkarya dan peluang usaha dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya, (3) Mengetahui peningkatan keterampilan vokasional pada siswa dengan penerapan media pembelajaran CD Interaktif berbasis Adobe Flash CS6. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono (2015). Akan tetapi dalam penelitian ini peneliti tidak sampai melakukan produksi masal karena keterbatasan tenaga dan biaya, maka peneliti hanya sampai pada produk akhir yang terdiri atas (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain (6) uji coba produk (kelas kecil), (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian (kelas besar), (9) revisi produk, dan (10) produk akhir. Hasil penelitian dan pengembangan ini diperkuat dengan analisis keseluruhan validasi oleh dua ahli materi 86,25%, analisis keseluruhan validasi oleh dua ahli media 97,5%, hasil uji coba kelas terbatas 85,12%, uji pemakaian kelas besar oleh kelas eksperimen 93,33%. Dari hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran Adobe Flash CS6 mencapai kriteria sangat valid. Maka, media pembelajaran Adobe Flash CS6 dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Berdasarkan hasil analisis diskriptif menunjukkan bahwa hasil keterampilan vokasional siswa yang menggunakan media pembelajaran Adobe Flash CS6 yang merupakan kelas eksperimen memliki nilai rata-rata meningkat lebih tinggi dengan 86,97 daripada hasil keterampilan vokasional siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata 70,86. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Adobe Flash CS6 dapat meningkatkan keterampilan vokasional pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Saran dari pengembangan lebih lanjut, peneliti berharap produk lebih lanjut dapat membuat tampilan media pembelajaran dengan inovasi baru sesuai perkembangan zaman dan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28004

Actions (login required)

View Item View Item