Implementasi model pembelajaran question student have (berbasis lesson study) terhadap mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar untuk mendorong berpikir kritis siswa (studi kasus pada siswa kelas X PJA-Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang) / Siti Muyasaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran question student have (berbasis lesson study) terhadap mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar untuk mendorong berpikir kritis siswa (studi kasus pada siswa kelas X PJA-Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang) / Siti Muyasaroh

Muyasaroh, Siti (2016) Implementasi model pembelajaran question student have (berbasis lesson study) terhadap mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar untuk mendorong berpikir kritis siswa (studi kasus pada siswa kelas X PJA-Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang) / Siti Muyasaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muyasaroh Siti. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Question Student Have (Berbasis Lesson Study) Terhadap Mata Pelajaran Analisa dan Riset Pasar Untuk Mendorong Berpikir Kritis Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X PJA-Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Hermawan M.Si Grad Dip MGT. M bus (2) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M Kata kunci Question Student Have Lesson Study Berpikir Kritis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang berbasis Lesson Study dan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan ini dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu (1) Perencanaan (Plan) (2) Pelaksanaan (Do) dan (3) Refleksi (See). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PJA-Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi interview (wawancara) dokumentasi angket dan diskusi refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data display data kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I telah menunjukkan persentase ketercapaian indikator dengan klasifikasi Sangat Baik sebesar 33% dan pada tindakan siklus II sebesar 44%. Maka peningkatan ketercapaian indikator berpikir kritis yang terjadi dari tindakan siklus I dan siklus II adalah sebesar 11%. Pada aktivitas guru yang juga termasuk dalam penilaian Lesson Study menunjukkan peningkatan ketercapaian indikator untuk perbaikan pembelajaran sebesar 11 8%. Tindakan siklus I menunjukkan jumlah persentase ketercapaian indikator sebesar 78 3% dan pada siklus II sebesar 90 1%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran Question Student Have (berbasis Lesson Study) dapat mendorong kemampuan berpikir kritis siswa (2) Kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan implementasi Lesson Study dan model Question Student Have (3) Kendala yang ditemui peneliti dalam penelitian ini adalah kesediaan bahan ajar yang masih kurang mendukung kondisi dan situasi siswa yang kurang kondusif karena belum terbiasa dengan penerapan model dan fasilitas ruang pembelajaran yang kurang mendukung. Peneliti menyarankan (1) Bagi guru Analisa dan Riset Pasar di SMK model Question Student Have dan Lesson Study dijadikan alternatif dalam praktik pembelajaran (2) Bagi Kepala SMK PGRI 3 Malang perlu memberikan kebijakan efisiensi pembagian waktu setiap sesi pelajaran serta menambah sarana dan fasilitas pembelajaran untuk memperlancar proses pembelajaran (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian model Question Student Have dan Lesson Study serta mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27998

Actions (login required)

View Item View Item