Perbandingan penerapan model “SAVI” dipadu “SPPKB” dan penerapan model “AIR” dipadu “SPPKB” terhadap keaktifan dan hasil belajar “TPMM” pada Siswa Kelas x TEI di SMK Negeri 2 Singosari / Indri Feni Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penerapan model “SAVI” dipadu “SPPKB” dan penerapan model “AIR” dipadu “SPPKB” terhadap keaktifan dan hasil belajar “TPMM” pada Siswa Kelas x TEI di SMK Negeri 2 Singosari / Indri Feni Fatmawati

Fatmawati, Indri Feni Fatmawati (2022) Perbandingan penerapan model “SAVI” dipadu “SPPKB” dan penerapan model “AIR” dipadu “SPPKB” terhadap keaktifan dan hasil belajar “TPMM” pada Siswa Kelas x TEI di SMK Negeri 2 Singosari / Indri Feni Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mata pelajaran TPMM termasuk mata pelajaran produktif pada kelas X di SMK Negeri 2 Singosari. Pokok materi pelajaran TPMM adalah pengetahuan dasar pemrograman mikroprosesor mikrokontroler dimana dalam mempelajarinya membutuhkan keaktifan siswa secara optimal. Semakin sering siswa aktif dalam proses pembelajaran maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Namun pada permasalahan dilapangan siswa masih banyak yang kurang aktif dan hasil belajar TPMM siswapun masih kurang. Hal ini ditandai dengan siswa yang memiliki nilai di bawah KKM sebanyak 52 94% dalam satu kelas yang berjumlah 34 siswa. Upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan keaktifan belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa dapat melalui penerapan model pembelajaran dan strategi pembelajaran yang mendukung pengoptimalan keaktifan dan hasil belajar siswa. Alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah model SAVI dipadu SPPKB dan model AIR dipadu SPPKB. Penelitian ini dirancang menggunakan metode Quasi Experimental Research dengan desain penelitian pre-test and post-test design. Keaktifan belajar didapat dari lembar observasi keaktifan siswa sedangkan hasil belajar didapat dari pre-test and post-test. Teknik analisis data meliputi uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rata-rata akhir keaktifan siswa pada penerapan model SAVI dipadu SPPKB adalah 3 47 dengan kategori sangat tinggi sedangkan penerapan model AIR dipadu SPPKB memperoleh 3 21 dengan kategori tinggi. Hasil belajar pengetahuan pada penerapan model SAVI dipadu SPPKB sebesar 85 28 dengan kategori sangat tinggi sedangkan hasil belajar pengetahuan pada model AIR dipadu SPPKB sebesar 79 17 dengan kategori sangat tinggi. Hasil Uji Hipotesis keaktifan dan hasil belajar pengetahuan siswa pada penerapan model SAVI dipadu SPPKB dan model AIR dipadu SPPKB terdapat perbedaan yang signifikan. Signifikansi keaktifan siswa sebesar 0 043 dan hasil belajar siswa sebesar 0 027. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0 05 (Sig lt 0 05) sehingga kedua kelas yang menerapkan model pembelajaran SAVI dipadu SPPKB dan AIR dipadu SPPKB memiliki keaktifan dan hasil belajar yang berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:29
Last Modified: 04 Apr 2024 07:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279956

Actions (login required)

View Item View Item