Karyana, Sri (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe nht (numbered heads together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar program keahlian kelas x TKL SMK Negeri 1 Kalianget / Sri Karyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang ada dalam kegitan pembelajaran di SMKN 1 Kalianget. Berdasarkan observasi mendapatkan pembelajaran guru hanya bersifat searah siswa kurang antusias dan pendiam saat pembelajaran hal ini dilihat pada hasil pretest yang mana siswa yang tuntas hanya 1 siswa dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 3 50%. Permasalahan diatas diakibatkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). (3) Melihat peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran DDPK siswa kelas X TKL di SMK Negeri 1 Kalianget. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research) yang akan dilakukan di dalam kelas. Desain yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada rancangan model Kemmis amp Taggart. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X Teknik Ketenagalistrikan SMKN 1 Kalianget. Sampel pada penelitian ini sebanyak satu kelas yang terdiri dari 28 siswa. Teknik Pengumpulan pada penelitian ini yaitu wawancara pengamatan dokumentasi dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mana dapat diketahui mulai dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar kognitif pada siklus I mendapatkan nilai ketuntasan secara klasikal sebesar 60 7% dan pada siklus II mengalami peningkatan 35 73% menjadi 82 14%. Penilaian hasil belajar afektif pada siklus I mendapatkan hasil penilaian 61 25 dengan kategori baik dan pada siklus II mendapatkan penilaian 63 75 dengan kategori baik. Penilaian hasil belajar psikomotorik pada siklus I mendapatkan hasil penilaian 58 75 dengan kategori cukup dan siklus II mendapatkan hasil penilaian 66 25 kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/279951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |