Dewi, Mahendri Prisca (2023) Perbedaan hasil belajar karena penerapan model direct learning dengan strategi saintifik dan project based learning dengan menggunakan strategi murder pada siswa Kelas X TKL SMK Brantas Karangkates / Mahendri Prisca Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dewi Mahendri Prisca. 2022. Perbedaan Hasil Belajar Karena Penerapan Model Direct Learning Dengan Strategi Saintifik Dan Project Based Learning Dengan Menggunakan Strategi MURDER Pada Siswa Kelas X TKL SMK Brantas Karangkates. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hari Putranto M.Pd. (II) Yogi Dwi Mahandi S.Pd. M.T Kata kunci Hasil belajar Direct Learning Project Based Learning Hasil belajar merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran sangatlah berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan siswa TKL kelas X SMK Brantas Karangkates dengan perlakuan pada kelas menggunakan penerapan model pembelajaran Direct Learning strategi Saintifik (2) Mendiskripsikan hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan siswa TKL kelas X SMK Brantas Karangkates dengan perlakuan pada kelas menggunakan penerapan model pembelajaran Project Based Learning strategi MURDER (3) Melihat signifikansi perbedaan hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan siswa TKL kelas X SMK Brantas Karangkates pada kelas penerapan model pembelajaran Direct Learning dengan strategi Saintifik dan pada kelas penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan strategi MURDER. Rancangan penelitian menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa program keahlian TKL di SMK Brantas Karangkates. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X TKL 1 sebanyak 36 siswa dan siswa kelas X TKL 2 sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif uji prasayarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar nilai pretest dan posttest pada kelas penerapan model pembelajaran Project Based Learning strategi MURDER lebih tinggi dari pada kelas penerapan model pembelajaran Direct Learning strategi Saintifik. Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Deskripsi data hasil belajar yang diperoleh dari kelas TKL 1 dengan menerapkan model pembelajaran Direct Learning stratgei Saintifik menunjukan adanya peingkatan hasil belajar hasil (2) Deskripsi data hasil belajar yang diperoleh dari kelas TKL 2 dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning stratgei MURDER menunjukan adanya peingkatan hasil belajar hasil (3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara perlakuan kelas yang diberi model pembelajaran Direct Learning strategi Saintifik dengan kelas yang diberi model pembelajaran Project Based Learning strategi MURDER nilai yang didapat kelas X TKL 1 dengan kategori tinggi dan nilai yang didapat kelas X TKL 2 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 06:36 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/279949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |