Irianto, Muhammad Nur Wahid Ilham Effendi (2023) Analisis pelaksanaan Prakerin (Praktik Kerja Industri) pada siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Kediri / Muhammad Nur Wahid Ilham Effendi Irianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menurut Afwan (2013) sebagaimana dikutip oleh Ghufron ldquo Pendidikan kejuruan difokuskan pada penyediaan tenaga kerja terampil pada berbagai sektor seperti perindustrian pertanian dan teknologi untuk meningkatkan pembangunan ekonomi. rdquo Untuk mencapai tujuan tersebut Sekolah Kejuruan memiliki program praktik kerja industri agar siswa dapat memiliki pengalaman langsung tentang dunia industri secara nyata. Berdasarkan pengamatan sementara pada saat PRAKERIN di SMKN 1 Kediri Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kedisiplinan menjadi kendala dalam pelaksanaan PRAKERIN dan kesiapan siswa juga kurang dimana persiapan mental siswa menjadi faktor kesulitan menyesuaikan diri sehingga dalam pelaksanaan PRAKERIN hasil pekerjaan yang diberikan kurang maksimal. Oleh karena itu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan judul ldquo Analisis Pelaksanaan PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) Pada Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang (1) perencanaan praktik kerja industri (2) pengorganisasian praktik kerja industri (3) pelaksanaan praktik kerja industri (4) evaluasi praktik kerja industri pada siswa kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Kediri. Hasil penelitian pelaksanaan PRAKERIN di SMKN 1 Kediri menunjukkan bahwa (1) Perencanaan PRAKERIN dimulai dengan pembuatan program kerja pemilihan DUDI survei DUDI pendataan dan penempatan pembekalan pemberangkatan dan pengantaran (2) Pengorganisasian PRAKERIN terdiri dari kepala sekolah ketua Pokja ketua jurusan guru pembimbing dan siswa (3) Pelaksanaan PRAKERIN dilaksanakan selama 6 bulan (4) Evaluasi PRAKERIN dilakukan oleh guru pembimbing dan pihak DUDI. Guru pembimbing melakukan evaluasi ketika monitoring pihak DUDI memberikan penilaian siswa dengan dua aspek yaitu aspek teknis dan non teknis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/279948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |