Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kratifitas berfikir siswa kelas XI pada materi pembelajaran instalasi motor listrik SMKN 3 Boyolangu / Muhamad Choirul Azis - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kratifitas berfikir siswa kelas XI pada materi pembelajaran instalasi motor listrik SMKN 3 Boyolangu / Muhamad Choirul Azis

Azis, Muhamad Choirul (2022) Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kratifitas berfikir siswa kelas XI pada materi pembelajaran instalasi motor listrik SMKN 3 Boyolangu / Muhamad Choirul Azis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki ciri khusus yaitu kegiatan merancang proyek. Model pembelajaran ini digunakan pada kelas kontrol sebab model ini memiliki keunggulan yakini dapat melatih kemampuan kreativitas berpikir peserta didik dalam menemukan ide-ide proyek secara mandiri. Berdasarkan observasi pada peserta didik kelas XI SMKN 3 Boyolangu diperoleh bahwa indikator rendahnya kreativitas berpikir peserta didik disebabkan oleh (1) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode ceramah (2) terdapat beberapa peserta didik yang bosan dan akhirnya mengalihkan perhatiannya dengan bermain gadget dengan alasan mengantuk yang mengakibatkan kurangnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran instalasi motor listrik (3) jawaban dari tugas antara peserta didik dengan yang lainnya masih tergolong sama. Untuk mengatasi hal tersebut solusi yang ditawarkan adalah dengan penerapan model pembelajaran PjBL yang dilaksanakan secara utuh sesuai dengan langkah ndash langkah PjBL dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah pada model pembelajaran yang belum bisa diikuti siswa dengan baik. Pembelajaran berbasis proyek dipilih sebagai langkah untuk memperbaiki masalah-masalah yang timbul pada proses pembelajaran yang berlangsung untuk membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang belum optimal akibat metode pembelajaran yang kurang tepat. Untuk hasil yang diperoleh hingga akhir siklus ke II yaitu meningkatnya nilai kreativitas berpikir peserta didik pada siklus I hingga siklus II sebesar 22 38%. Sedangkan untuk nilai keterampilan peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 33 05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan kemampuan kreativitas berpikir peserta didik secara signifikan pada mata pelajaran instalasi motor listrik di kelas XI TIT 3 SMKn 3 Boyolangu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279947

Actions (login required)

View Item View Item