Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis web pada materi perencanaan instalasi penerangan listrik untuk siswa Kelas XI program keahlian titl di SMK / Muhammad Nor Hafidh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis web pada materi perencanaan instalasi penerangan listrik untuk siswa Kelas XI program keahlian titl di SMK / Muhammad Nor Hafidh

Hafidh, Muhammad Nor (2022) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis web pada materi perencanaan instalasi penerangan listrik untuk siswa Kelas XI program keahlian titl di SMK / Muhammad Nor Hafidh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi dan informasi sangat mempengaruhi di dalam segala aspek kegiatan termasuk juga mempengaruhi kegiatan di dunia pendidikan ditambah penerapan kurikulum 2013 menuntut guru untuk dapat memberikan hal kreatif dan inovatif untuk mengoptimalkan efisiensi serta efektivitas sebuah proses untuk pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam Pendidikan dapat membantu dalam menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan menarik dan memberikan pengalaman berbeda bagi peserta didik. Hal ini mengacu pada penguraian bahan ajar yang dimanfaatkaan sebagai sumber informatif untuk memberikan bantuan dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Bahan ajar ini dikembangkan bertujuan untuk membuat memvalidasi kelayakan dari suatu bahan ajar yang telah dilakukan peningkatan serta perancangan. Dalam alam observasi yang dilakukan di SMK Negeri 6 Malang terdapat beberapa masalah yang ditemukan dalam pembelajaran materi perencanaan instalasi penerangan listrik 1 fasa diantaranya (1) bahan ajar yang digunkan masih konvensional yang menimbulkan kurangnya minat belajar (2) kurangnya inovasi pada media bahan ajar siswa untuk belajar mandiri. Maka dari permasalahan tersebut dibutuhkan pengembangan bahan ajar pada materi perencanaan instalasi penerangan listrik 1 fasa untuk kelas XI di Sekolah Menegah Kejuruan. Bahan ajar ini dioptimalkan dengan mengorientasikan model pengembangan ADDIE melalui lima tahap pengembangan. Tahapan dari model yang dioptimalkan tersebut yaitu (1) Design (2) Analyze (3) Implementation (4) Development (5) Evaluation. Pengujian produk berupa uji kelayakan yang dilaksanakan oleh validator mahir meliputi ahli media dan ahli materi kemudian pengujian untuk kelompok kecil dan pengujian untuk kelompok besar. Bahan ajar ini telah melalui proses justifikasi oleh pakar serta telah diujicobakan terhadap siswa SMK Negeri 6 Malang Program Keahlian Teknik Instalasi Penerangan Listrik dan mendapat data hasil sebagai berikut (1) bahan ajar ini mendapat persentase 88 88% dari ahli materi 1 (2) bahan ajar ini mendapat persentase 91 25% dari ahli media (3) bahan ajar ini mendapat persentase 98.61% dari ahli materi 2 (4) bahan ajar ini mendapat persentase 87 14% dari kelompok kecil dan (5) bahan ajar ini mendapat persentase 92 80% dari pengujian oleh kelompok besar atau lapangan. Nilai rata-rata dari keseluruhan uji kelayakan produk bahan ajar interaktif berbasis web ini mendapat persentase 91 668% dan masuk dalam kriteria ldquo sangat valid rdquo maka bahan mengajar interaktif yang dioptimalkan dapat dikatakan sangat layak untuk dimanfaatkan menjadi alternatif bahan mengajar dan dapat digunakan untuk media dalam instalasi penerangan listrik di seluruh sekolah menengah kejuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279944

Actions (login required)

View Item View Item