Penerapan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEAM untuk meningkatka hasil belajar peserta didik pada materi soldering dan desoldering mata pelajaran teknik kerja bengkel dan gambar teknik kelas x di SMK 8 Malang. / Vanisha Utari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEAM untuk meningkatka hasil belajar peserta didik pada materi soldering dan desoldering mata pelajaran teknik kerja bengkel dan gambar teknik kelas x di SMK 8 Malang. / Vanisha Utari

Utari, Vanisha (2023) Penerapan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEAM untuk meningkatka hasil belajar peserta didik pada materi soldering dan desoldering mata pelajaran teknik kerja bengkel dan gambar teknik kelas x di SMK 8 Malang. / Vanisha Utari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik merupakan salah satu matapelajaran kelas X di jurusan Elektronika Industi di SMKN 8 Malang Pada matapelajaran ini terdapat salah satu pelajaran praktik yaitu soldering dimanaditerapkannya metode pembelajaran langsung yang berdampak pada peserta didikyang cenderung pasif dan kurang terampil pada saat berlangsungnya praktiksoldering. Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbasisSTEAM diharapkan dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa dengan caramembuat suatu proyek yang berkaitan dengan materi pembelajaran dan kopetensisiswa.Tujuan penelitian ini adalah model pembelajaran PjBL berbasis STEAM.(1)Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada materi soldering dandesoldering setelah menggunakan model pembelajaran PjBL berbasis STEAM (2)Merelfeksi penyebab dari kurang meningkatnya hasil belajar peserta didik padamateri soldering dan desoldering menggunkan model pembelajaran PjBL berbasisSTEAM (3) Merancang pembelajaran untuk siklus berikutnya sesauia denganLangkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas sebagai solusi untuk mendapatkanhasil belajar yang ditentukan.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan (action reseach) yang dilakukandi dalam kelas atau biasa disebut (action classroom reseach) yang memiliki tujuanuntuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam ilmu soldering yang terdapatpada mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik yangmengaplikasikan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasisSTEAM dimana kegiatan pembelajaran lebih ditekankan kepada peserta didikdibawah pengawasan seorang guru yang memiliki tujuan untuk meningkatkanketerampilan hasil belajara khususnya di praktik soldering dengan empat tahapan (1) Perencanaan (2) Tindakan (3)Observasi (4) Refleksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279942

Actions (login required)

View Item View Item